Ketua HVC Jakarta Keluhkan Honda Vario 150 2015

Honda Vario 150 2015

Honda Vario 150 2015

KETUA Honda Vario Club (HVC) Jakarta, Fahmi ‘Mio’ Indraprana tidak pernah menduga motor anyar, Honda Vario 150 Exclusive Pearl White Batch I 2015, ada keluhan yang mengganggu.

“Saya memiliki keluhan soal motor Honda Vario 150 2015. Saat tarikan bawah ke tengah, terlebih pada saat tanjakan ada sedikt bunyi di bagian cvt. Bunyinya krek, krek, krek. Tapi, saya belum sempat mengecek. Kemudian, saat langsam dan juga saat riding, ada bunyi agak kasar. Menurut prediksi saya, bunyi itu berasal dari daerah rantai keteng. Lalu, apabila ada lubang atau polisi tidur, dan saat riding pelan, ada bunyi gesekan-gesekan, cit, cit, cit,” cerita Mio di Jakarta, Rabu (18/03/2015).

Padahal, menurut pria kelahiran Jakarta, 5 Juni 1984 itu, motor tersebut tiba di kediamannya, Rempoa, pada 3 Februari 2015. Motor itu dikirim dari dealer Honda PT Unipara Mandala Pathya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Saat itu, saya menerima satu set kunci standar (obeng, kunci busi), satu buah buku pedoman pemilik, dan satu buah helm TRX standar. Saat itu, sales juga meminta fotokopi KTP untuk pembuatan surat-surat-surat kelengkapan kendaraan,” jelas Mio.

Pada 24 Februari 2015, tambah Mio, Surat Tanda Nomor Kendaraan sudah jadi sekaligus diberikan buku servis.

“Dan, hinggat saat ini, telah menempuh jarak sekitar 400 km. Detail penggunaan bahan bakar sekitar 1:40 dengan kondisi membonceng penumpang. Motor itu digunakan untuk alat transportasi sehari-hari. Waktu penggunaan sepeda motor, berangkat pagi pukul 08.00 WIB dan pulang kantor pukul 18.00 WIB setiap hari,” tutur Mio.

Setelah menggunakan Honda Vario 150 Exclusive Pearl White Batch I 2015 sejauh 400 km, menurut Mio, handling motor sangat stabil, posisi duduk antara pengendara dan penumpang pun cukup luas. “Saat motor digunakan dengan posisi rebah tidak mengindikasikan slip, walaupun Honda Vario menggunakan monoshock. Bagasi pun cukup luas dapat menampung satu helm open face,” papar Mio.

Soal lampu utama yang menggunakan led, menurut Mio, pancaran sinarnya cukup lebar dan lumayan terang. “Namun apabila berpapasan dengan kendaraan dari lawan arah, pencahayaan kurang fokus.

Namun, secara keseluruhan saya puas dengan motor ini. Tarikan enteng dan akselerasi juga bagus,” jelas Mio. (rio)

30 Tanggapan

  1. Bang, ini udah di benerin belum? Apa sudah di temukan pasti penyebabnya. Karena punya saya Exclusive Mate Black KM 1500 juga mengalami hal hal tersebut. Mohon info dan sharenya. Terima kasih

    • *bunyi cit cit cit itu gesekan kabel dengan dudukannya. Tinggal di lumasi gemuk kabel2 dekat pegangannya yang ada dikolong motor/dekat mesin
      *bunyi kret kret kret biasanya slide piece di cvt, silahkan de cek
      *bunyi kasar spt amplas belum diketahui pasti, sudah bbrp yg bongkar cvt tapi semua terlihat normal

      • bung fajar untuk masalah bunyi kret kret kret itu rasanya seperti ada gesekan bukan? klo bunyinya seperti ada gesekan dan masalahnya itu karena slide piece di CVT lantas apanya yang harus diperbaiki?apakah sliede piece itu harus di gant?

        oya, bunyi gesekan yang saya asumsikan bunyi kret kret kret yang bung fajar maksud itu saya alami kalau jalanan menurun, menurun cukup tajam dengan kondisi gigi masuk (bukan netral) tapi gas di lepas. atau ga di jalanan datar kecepatan 40 – 60 km/jam gas di tahan.

        mohon infonya bung.

      • Bang fajar waktu mau ngelumasi gemuk antara kabel dengan dudukannya apa perlu buka body motor nya?

    • Bang mw nanyak vario 125 2015 saya klo mw ngegas kok ada getaran dan buxi krek,, krekk apa bnyebabx bang .

  2. Ternyata bnyak jg yg ngalamin bunyi2 sprti itu, mtor sy jg bunyi kayak gitu tpi yg 125cc..
    Bunyinya persis sperti ktrangan di atas

  3. Alhamdulillah motor vario 150 putih saya bulan keluar 04 sampai saat ini belum ada keluhan padahal dari km 40 sampai sekarang di km 7800an langsung saya bawa keliling jateng dari jakarta tentunya.. mungkin bang mio dan yang lain dapet produk yang kurang sempurna yaa.. trims infonya..

  4. saya juga persis mengalami hal yang sama, tapi bunyi seakan ada gesekan itu kerasa sekali pada saat turuna/ jalan menurun curama gas bawah ke tengah. saya udah datangin 3 dealer tapi katanya itu biasa. baik2 aja. tapi qta pengguna ga nyaman. Pdhal motor ini keren,power gede.

  5. Saya jg mengalami hal yg sama persis mas..
    Bunyi kasar di mesin timbul diatas 40kpj-konstant, kerasa sampe kaki getaran kasarnya.
    Terus untuk bunyi cit cit cit itu di bagian mana ya mas? Saya udah cari sendiri, & pindah2 bengkel masih belum ketemu.
    Tolong dong mas kasih tau detailnya mengatasi keluhan2 diatas, menurut saya kok mengganggu banget bikin ga nyaman..
    🙂 thanks mas

    • kalau pengalaman saya berada pada cvtnya tepatnya bagian kampas ganda atau mangkukannya yang menyebabkan bunyi tersebut

  6. Vario sy baru bln 8 kmrn, setelah di coba lumayan bagus dr hasil starting mesin sampe berjalan tedengar halus tanpa ada suara kasar malah klo di jln terasa halus mesin tanpa terdengar, tarikannya lumayan kencang dan stabil dr sisi pengeramannya mendadak sangat baik. Love vario 150 one heart

  7. saya punya vario black matte..klo lewat jalan jelek alias polisi tidur, bunyi cit, cit, cit muncul. klo jalan halus ga masalah. dicari penyakitnya blm nemu juga. pas tarikan gas awal/bawah kadang spt ngempos alias kedodoran gejala spt mesin mau mati.

    • untuk mengatasi ngempos di rpm rendah, coba ganti busi dengan tipe platinum dr NGK CPR8EAGP-9 . Saya sudah coba dan hasilnya menjadi lebih bertenaga

  8. pak, saya mw nanya nich saya rasa moor vario saya seperti nya ada kerusakan bila kita pakai kalau di daerah jalan yang ber lobang2 itu bunyi kayak nyit” nyit” nyit” bila kita matikan posisi tegak dan memaikan supensi belakang itu juga bunyi…..
    SOLUSI NYA?? gimana yah pak??? supaya tidak berbunyi sperti gtu… dan kembali normal

  9. Saya pun mengalami hal yg sama bang sampai saat ini itu yg jadi kendala buat saya sampai sya ganti roler vario pun masih tetap,mohon masukan’y yah kira” itu karena apa yah?

  10. saya mau urun rembug mas bro semuanya
    brdasar pengamatan mekanik bengkel d honda indraprasta semarang…bunyi cit cit..srekk..srekk…ngempos..itu krn vbelt ny..
    memang versi trbaru udh model double teeth…n konon lebih lentur..tp tnyt efekny y sperti ini
    cb gnti dng vbelt vario125 gen awal…pasti ilang

  11. saya juga mengalami hal yang sama dengan agan” semua , saat ini motor saya vario blackmate telah mencapai km1500 dan pada saat itu juga saya merasakan ada yang aneh dengan blok cvt yaitu mrngeluarkan bunyi” krek krek bahkan seperti ada besi yang berbenturan . saat posisi km 40-60km/j suara sangat jelas terdengar, saya sudah konsultasikan ke ahass yang ada di kota saya namun tetap saja belum bisa di atasi . sekarang tidak tau harus gimana dan suara itu pun masih ada

  12. alhamdulillah vario ku udah laku,,masih baru udah banyak kendala,apalagi bunyi nyit2.udah dibenerin eh 2 minggu kemudian kambuh lagi belum suara ngoroknya yang jengkelin,aku kira produk honda bisa ditangguhkan ternyata gak sesuai yang aku bayangkan.nyesel beli nich motor..honda ternyata masih kalah sama yamaha..selamat tinggal honda aq gak akan makai produk kamu lagi

  13. maaf ikut nimbrung….sy punya vario 150 kebetulan 2 unit,kedua-duanya sama keluhannya
    1.cit..cit kalau kena jln aga rusak
    2.suara berisik di sekitar cvt
    3 bermasalah selalu di copling,
    untuk poin no 3.ini sangat mengganggu,karena tarikan awal motor terasa bergetar,yg paling terasa kalau lg perjalanan macet setiap mau maju motor terasa bergetar dan tersendat2.ini sdh 3 kali sy bawa ke bengkel ahass tetapi masih aja masalah,
    motor 1 baru 7300 km
    …….. 2 baru 2500 km

  14. Buat semua, vario 150 q jg sama bunyi cit cit saat jalan rusak/polisi tidur, aku coba ikutin saran temen2 disini, aku kasih pelumas rantai (cuma punya ini) pada kabel gas sebelah tugas standar samping, aku semprot pada kabel yg bersentuhan dengan besi, dan akhirnya hilang seketika, trimakasih.

    Sekarang tinggal bunyi dug dug kalau lagi ngelibas jalan rusak di daerah bawah jok. Aku cari sama montir AHASS ga nemu masalahnya. Tapi ada yg bilang shockbreaker belakang minta ganti, tapi ga tau dah :v
    Bunyi juga keluar saat motor diam terus di genjot2 bagian belakang mtr.

  15. punya ku KM 19000 waktu tarikan awal juga geter tapi aku lupa yang di benerin namanya apa, sekarang udah hilang tapi 2 bulanan balik geter lagi. suara mesin lebih kasar 😦

  16. gara gara sering di bawa luar daerah sambil ngebut kali ye, tarikannya enak sih hahaha

  17. Punya saya bunyi nyit2 tambah parah di jalan berlubang

  18. Cuma ingin berbagi pengalaman sedikit buat pengguna new HV150
    Keluhan demi keluhan pd HV150 sdh byk skali…plus minus pd motor ini sdh pasti byk yg merasakan…sy ingn brbagi trik untuk menghilangkan gredeg pd HV150…
    Trik:
    1. Ganti 3 per yg ada di kanfas ganda dgn kepunyaan HV110 lama atau beat karbu…
    2. Mangkok kepala per CVT/RPM dipindah menjadi tatakan dibawah..
    Fungsinya agar per lebih mengcengkram kebagian pulley belakang
    3. Gunakan BBM dgn oktan 92/95 boleh pertamax or Sheel yg pntg oktannya lbih dr 90
    4. Boleh dicoba trik yg terakhir ini jika mmg mau lebih…kanfas ganda yg sdh lama di buatkn di tukang plat kopling pantek…buat lebih memanjang dr aslinya agar fungsi dr kanfas tersbut full mengcengkram rumah kopling…
    Dr trik di atas yg sy terapkn k’motor HV150 sy alhammdulillah gejala gredek tidak terasa sm sekali..
    Mdh2n trik yg sy gunakan bs bermanfaat buat semua…gak usah menjelekkan produk yg sdh menjadi pilihan anda smua…krna semua itu buatan manusia dan mesin…segala kekurangannya bs tertutupi dgn berbagi pengalaman…dn kelebihannya kita yg merasakan sendiri…
    Indahnya berbagi…salam satu aspal…wassalam

  19. halo agan-agan mau tanya dong.

    ane baru beli motor vario 150 pearl white bulan desember.

    hari senin kemarin tgl 2 januari baru service pertama di honda AHASS di Bengkel Wahana Gunung Sahari.

    setelah service, motor makin getar.. mau tanya kira-kira itu kenapa ya penyebabnya??

    butuh saran nya… trus mesin jadi berisik setelah di service itu kenapa??

    terima kasih.

  20. coba di bagian dalam cvt di cuci pakai bensin/ karbon cleaner .maaf klw ada kesalahan

  21. Saya masih penasaran bunyi cit cit cit itu berasal dari mana . soalny motor syaa juga mengalami hal tersebut -_-

  22. Saya masih penasaran bunyi cit cit cit itu berasal dari mana . soalny motor syaa juga mengalami hal tersebut -_-

Tinggalkan komentar