Banjir, Pemkot Bekasi Kucurkan Rp 5 Miliar

BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, telah mengucurkan dana Rp 5 miliar untuk mengatasi banjir yang terjadi pada 18 Januari dan 4 Februari 2013.

Kantor Pemasaran dan Ruko Mutiara Gading Timur Banjir

Kantor Pemasaran dan Ruko Mutiara Gading Timur Banjir

“Dana itu telah digunakan untuk menangani masalah pascabanjir seperti menyumbangkan makanan dan minuman, air bersih, selimut, obat-obatan,” ujar Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, di Bekasi, Minggu (10/2/2013).

Menurut dia, alokasi dana terbesar diperuntukan bagi penanggulangan banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, yang ketinggian banjir pada saat itu mencapai lebih dari empat meter.

“Dana tersebut telah kita manfaatkan untuk penanganan awal perbaikan tanggul yang jebol sepanjang 20 meter menggunakan sistem beronjong atau kawat batu,” kata Rayendra.

Dia menambahkan, musibah banjir pada dua waktu berbeda itu sama-sama memiliki debit air yang cukup tinggi yakni mencapai 650 meter kubik per detik.   “Padahal dalam keadaan normal hanya 250 hingga 300 meter kubik per detik,” imbuh Rayendra.

Dia mengakui, anggaran tersebut masih relatif minim karena hanya mampu mengatasi kurang dari 50% kebutuhan pemulihan infrastruktur pascabanjir.

Menurut Rayendra, sekitar 10 ribu lebih rumah warga di sepanjang sisi Kali Bekasi terendam air dengan ketinggian bervariasi. Pihaknya hingga kini masih mendata kerugian materi akibat peristiwa yang sempat menewaskan sedikitnya tiga warga itu.

“Musibah ini sesungguhnya menjadi tanggung jawab seluruh pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun masyarakat,” kata dia.  (Sumber:Antara)

4 Tanggapan

  1. hari ini masih banjir gak ?

  2. Mudahan 5 miliar nya nggak di korting sm koruptur.

  3. Semoga aja 5 m dapat di gunakan sebagaimana mestinya yaaa.. Indonesia gitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: