Take Off To Argentina

Subhan Aksa - Hade Mboi (kanan) - Dok. Pribadi

Subhan Aksa - Hade Mboi (kanan) - Dok. Pribadi

PERELI nasional Subhan Aksa (Bosowa Rally Team) memulai perjalanan dan perjuangan panjangnya ke ajang reli mobil dunia. Kamis (19/04/2012) malam, dia bertolak dari Indonesia menuju Argentina. Dalam penerbangan 24 jam itu dia hanya ditemani navigator Hade Mboi beserta tim lainnya.

Sejak dari rumah ke bandara, kepergiannya terkesan seperti perjalanan biasa saja. Tak ada keistimewaan apa-apa selain doa restu keluarga dan sahabat dekat. Ubang, panggilannya, memang inginkan nuansa seperti itu. Padahal perjalanannya kali ini adalah momen spesial yang kelak bisa mengubah citra olahraga Indonesia di mata internasional, khususnya motorsports.

Argentina, negerinya para pesepakbola andal sekaliber Lionel Messi itu adalah salah satu negeri penyelenggara FIA World Rally Championship (WRC) tahun ini yang akan menggelar kompetisi bergengsi itu pada 27-29 April 2012.

Ubang berharap bisa mewujudkan obsesinya menjadi pereli kelas dunia. Bertarung di kelas Production World Rally Championship (PWRC), dia tercatat menjadi pereli Indonesia pertama yang tercatat FIA sebagai kontestan permanen ajang itu, atau pereli kedua Asean setelah Karamjit Singh (Malaysia) pada 2002 yang sekaligus juara musim tersebut.

Usai Rally Argentina, lima ajang WRC di lima negara berbeda telah menanti Ubang. Sebab, ketentuan FIA memang mengharuskan setiap kontestan resmi sedikitnya bertarung dalam enam dari delapan  seri PWRC yang digelar.

Dia harus terjun di Acropolis Rally (Yunani, 25-27 Mei), Rally of New Zealand (Selandia Baru, 22-24 Juni), Rallye Deutchland (Jerman, 24-26 Agustus), Rally dâ Italia (Italia, 18-21 Oktober) dan Rally de Espana (Spanyol, 8-11 November).

Sementara itu, Direktur Racetorque Engineering Dave McShane yang sudah malang melintang di dunia reli telah menyiapkan Mitsubishi Lancer Evo X untuk Ubang di Perth, Australia.

“Ubang menunjukkan performa menjanjikan di ajang Pacific Cup. Karakter yang low profile, cerdas dan mempunyai raw speed yang baik, merupakan dasar kami menawarkan program ini sebagai wujud kerja sama dengan Mitsubishi Motors Corporation,” ujar McShane. (rio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: