Rifat/Scott Jajal Rally de Portugal

Rifat/Scott saat beraksi di APRC CHINA 2009 - Dok Pribadi

Rifat/Scott saat beraksi di APRC CHINA 2009 - Dok Pribadi

SETELAH melakukan perjalanan yang melelahkan selama kurang lebih 30 jam, pereli Indonesia, Rifat Sungkar (Fastron World Rally Team), tiba di Portugal, Minggu (25/03/2012). Dia akan mengikuti salah satu seri World Rally Championship (WRC), yaitu Vodafone Rally de Portugal, 29 Maret–1 April 2012 di Lisabon dan Faro, Portugal.

Rifat Sungkar terdaftar sebagai salah satu pereli yang memperebutkan WRC Rally Class, yaitu peserta yang menggunakan kendaraan Group N/2.000cc Turbo 4WD dan merupakan kejuaraan baru yang diperebutkan dalam kejuaraan dunia (WRC) 2012 ini.

Survey hari pertama, Senin (26/03/2012), pada lintasan Rally de Portugal, yang bertipe gravel di daerah ,Gomes Aires, Santana Clara, Ourique , Almodovar, Silves dan Santa de Serra sepanjang 620,36 km. Proses survey berlangsung hingga malam hari, dengan cuaca berkisar 15°C – 20°C. Sedangkan survey hari kedua, Selasa (27/03/2012), dilakukan di daerah Tavira, Alcarias, S.Bras de Alportel sejauh 451,79 kilometer.

“Kami mensurvey lintasan bertipe hard base, cenderung berdebu dan berbatu. Kecepatan kendaraan sangat bervariasi, karena lintasannya menggabungkan lintasan terbuka, lebar, jalur sempit, serta naik-turun perbukitan dengan jalan berliku. Nuansa rally sangat terasa di daerah ini yang sudah lebih dari delapan tahun digunakan untuk rally kelas dunia tersebut,” jelas Rifat.

Ilustrasi Reli Portugal - Foto IST

Ilustrasi Reli Portugal - Foto IST

Cuaca di Portugal yang mencapai 20°C pada siang hari dan 5°C pagi hari, tidak menjadi kendala bagi Rifat Sungkar untuk menyesuaikan diri dengan kondisi medan. Menurut Rifat, yang akan menjadi tantangan di Rally Portugal ini adalah debu yang beterbangan akibat dilewati mobil sebelumnya. Sebab, akan mengganggu jarak pandang, sementara mobil dipacu dengan kecepatan maksimum ketika interval antara peserta adalah satu menit.

Scott Beckwith menambahkan, pembuatan pace note (panduan jalan /lintasan) dapat berjalan dengan lancar, mengingat seluruh lintasan trayek khusus (special stage) telah diinformasikan oleh penyelenggara melalui situs satu bulan lalu, sehingga Fastron World Rally Team hanya perlu melakukan sedikit perbaikan pada pace note tersebut. Karena ini merupakan kali pertama Fastron World Rally Team masuk dalam lintasan tersebut, sehingga survey dilakukan dengan kecepatan rendah (50-60 km/jam).

Sebanyak 115 perally dari 28 negara akan akan berkompetisi dalam Rally de Portugal, 29 Maret–1 April 2012 dan merupakan Seri IV dalam kalender World Rally Championship (WRC) 2012.

Ilustrasi Reli Portugal - Foto IST

Ilustrasi Reli Portugal - Foto IST

Rally de Portugal berjarak total 1.564,26 kilometer yang terbagi dalam 22 special stage (SS). Sebanyak tiga SS akan dilakukan pada malam hari. Para pereli diberikan kesempatan untuk melakukan melakukan survey (recee) pada 26-27 Maret 2012, dan free pratice stage dan qualifying akan dilakukan pada 28 Maret 2012.

Pada Kamis (29/03/2012), SS 1 sepanjang 3,27 km akan dimulai pada pukul 14.30 waktu setempat (20.30 WIB) dalam suatu arena yang sengaja dibuat di pusat kota Lisbon, dan kemudian para peserta menuju ke kota Farou untuk menjalankan 22 trayek khusus. (rio)

2 Tanggapan

  1. mobil rally nya keren…😀

  2. Trism atas atensinya om…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: