Juara Dunia Ramaikan Seri Pembuka F1

Sebastian Vettel (Red Bull Racing)

Sebastian Vettel (Red Bull Racing)

SERI pembuka Grand Prix Formula 1 (GP F1) di Melbourne, Australia, Minggu (18/03/2012), akan diramaikan enam juara dunia. Mereka adalah Kimi  Raikkonen (Lotus Renault GP), Sebastian Vettel (Red Bull Racing), Jenson Button (McLaren Mercedes), Lewis Hamilton (McLaren Mercedes), Fernando Alonso (Ferrari), dan Michael Schumacher (Mercedes GP).

Karena itu, kata  Principal McLaren, Martin Whitmarsh, dirinya meyakini, seri pembuka GP F1 tersebut tidak akan didominasi oleh satu tim.

Musim lalu, seri pembuka tersebut  didominasi oleh dua Red Bull. Namun hasil kurang meyakinkan selama tes pra-musim di Jerez dan Barcelona membuat sang juara bertahan kelas konstruktor itu diragukan akan melesat terdepan dengan mudah.

Whitmarsh merasa data dan masukan yang diberikan pengendaranya akan membuat McLaren lebih kompetitif di Melbourne akhir pekan nanti. “Namun, berita buruknya adalah kami tidak kelihatan mendominasi. Berita baiknya tim lain juga begitu,” ujar Whitmarsh seperti dilansir Reuters, Rabu (14/03/2012).

Mengenai peluang McLaren akan sanggup bersaing dalam perebutan gelar juara, Whitmarsh mengaku tidak terlalu yakin. “Saya berharap bisa katakan iya. Tes musim dingin kali ini lebih baik dari tahun lalu, dan kami punya dua orang pembalap yang lapar, cepat dan luar biasa. Ini artinya kami bisa memenangi balapan tahun ini,” jawab dia.

Lewis Hamilton (McLaren Mercedes)

Lewis Hamilton (McLaren Mercedes)

Musim lalu, McLaren gagal tampil konstan walaupun pembalapnya kerap menduduki podium. Jenson Button sanggup menempel ketat Sebastian Vettel. Namun demikian, mereka akhirnya harus mengakui keunggulan sang juara dalam GP F1 Jepang, tiga seri sebelum musim berakhir.

Sementara itu, sejumlah pengamat otomotif memperkirakan, seri pembuka akan berlangsung seru terutama dengan kembalinya Kimi Raikkonen setelah dua tahun menepi dari lintasan GP F1 dan kini menjadi pembalap untuk tim Lotus.

Kembalinya Raikkonen sebagai wajah lama juga diikuti oleh Pedro De La Rosa.  De La Rosa kini sudah berusia 41 tahun. Mereka yang menjadi penggemar setia GP F1 pada era akhir 90-an dan awal 2000-an.

Sejak 2003, De La Rosa identik sebagai test driver untuk McLaren, walaupun pada 2010 dia ikut turun membalap dengan BMW Sauber. Tahun ini, dia mendapatkan kursi sebagai pembalap HRT bersama driver asal India yang berusia enam tahun lebih muda dari dirinya, Narain Karthikeyan.

Sementara itu, dua nama lawas lainnya, Rubens Barichello dan Jarno Trulli tidak mendapat kursi. Kontrak Barrichello tidak diperpanjang oleh Williams, setelah dua musim membalap untuk tim asal Inggris tersebut. Karier Barrichello yang sudah terentang panjang sejak 1994 dalam balapan GP F1 pun terputus. Kini, dia telah memutuskan untuk membalap di arena IndyCar.

Sedangkan kontrak Trulli, yang sudah berkarier di GP F1 sejak 1997 dan musim lalu membalap untuk Lotus, diputus oleh Caterham. Posisinya di Caterham digantikan Vitaly Petrov. (rio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: