Kejutan Pembalap GP F1 Wanita

Maria De Villota - Foto IST

Maria De Villota - Foto IST

SIAPA bilang wanita tidak bisa beraksi dalam kompetisi Grand Prix Formula 1 (GP F1). Adalah Maria de Villota yang mendapatkan kesempatan sebagai test driver untuk Tim Grand Prix Formula 1 (GP F1) Marussia.

Dia merupakan pembalap wanita pertama yang akan berlomba pada GP F1 musim ini. Terakhir, seorang pembalap wanita terlibat dalam GP F1 adalah Giovanna Amati dari Italia. Namun, dia gagal menembus kualifikasi untuk tiga balapan pada awal musim 1992. Secara keseluruhan ada lima pembalap perempuan yang pernah terlibat dalam GP F1. Lella Lombardi adalah pembalap yang paling sukses. Perempuan Italia ini 12 kali bersaing dengan pembalap lain di sirkuit pada 1970-an.

Maria adalah putri mantan pembalap GP F1 Emilio De Villota. Seperti dilansir Reuters, De Villota juga pernah menjadi pembalap yang mencoba kendaraan GP F1 Renault di Le Castellet di kawasan selatan Prancis, Agustus lalu.

Kendaraan baru Marussia, MR01 dengan lisensi Rusia, baru menjalani test singkat menjelang pembuka lomba musim ini di Australia, pekan depan. Sebab, tim Marussia baru mendapatkan izin lomba setelah lulus uji benturan kendaraan.

Tim Marussia mengatakan, De Villota memiliki harapan untuk membalap tahun depan. Test berikutnya bagi wanita pembalap asal Spanyol itu akan digelar di Mugelo, Italia Agustus mendatang. De Villota diharapkan dapat melakukannya lagi setelah balapan Abu Dhabi, pada akhir musim lomba tahun ini.

“Ini merupakan kesempatan fantastik dapat bekerja dekat dengan tim Formula Satu, sehingga saya akan mendapatkan pengalaman besar. Pengalaman ini akan meningkatkan karier saya,” kata pembalap berusia 32 tahun itu seperti dikutip Reuters.

Dia mengaku senang bergabung dengan tim Marussia. “Saya akan selalu dekat dengan mereka termasuk pada balapan pertama musim ini. Saya berharap hal ini dapat meningkatkan ambisi saya pada masa mendatang,” kata dia.

Pembalap regular Marussia adalah Timo Glock (Jerman) dan pembalap pendatang baru dari Prancis, Charles Pic yang masih membutuhkan banyak pengalaman di lintasan balap. (rio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: