Kebangkitan Anak Muda di Dunia Maya

Mark Zuckerberg - Foto IST

Mark Zuckerberg - Foto IST

DALAM dunia ini semua serba mungkin. Tak ada mimpi yang mustahil apabila mau berusaha keras. Sejumlah anak muda telah membuktikan diri dan berkreasi di bidang informasi dan teknologi, khususnya jejaring sosial. Kendati awalnya hanya sekadar coba-coba dan membuat tugas sekolah, para anak muda tersebut menjadi sukses dan terkenal.

Sebut saja, Mark Zuckerberg. Anak muda kelahiran White Plains, New York, 14 Mei 1984 itu adalah pencipta jejaring sosial Facebook. Seperti dilansir Reuters, Senin (06/2/2012), Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard.

Facebook, menurut Zuckerberg, adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

Selain itu, kata Zuckerberg, pengguna Facebook dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Kinerja Facebook pada semester pertama 2001 tergolong bagus kinclong. Seorang sumber melaporkan pendapatan situs jejaring sosial nomor satu ini melonjak menjadi US$ 1,6 miliar. Dengan pendapatan sebesar itu, Facebook berhasil mencetak laba bersih hampir mencapai US$ 500 juta. Berdasarkan dokumen yang dibeberkan Goldman Sachs, pendapatan Facebook pada sembilan bulan pertama 2010 hanya sebesar US$ 1,2 juta.

Namun, sumber yang mengetahui kinerja keuangan Facebook itu tidak menjelaskan, faktor apa yang mendongkrak kinerja Facebook pada semester ini. Dia juga tidak mengungkapkan berapa kontribusi iklan dalam pendapatan situs buatan Mark Zuckerberg tersebut. (rio)

Satu Tanggapan

  1. Wow… keren sekali blognya..sangat menarik dan bermanfaat!
    Salam kenal, saya kak zepe
    Saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas tentang langkanya lagu anak di Negara kita.
    Saya juga mempublikasikan karya2 saya lewat blog tersebut.
    Sudah ada 80an lagu anak.
    Mari berkunjung ke http://lagu2anak.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: