Aksi Anak Muda Indonesia

Andrew Darwis - Foto IST

Andrew Darwis - Foto IST

SETELAH Mark Zuckerberg, Jack Dorsey, Matthew Charles Mullenweg, dan David Karp, kini giliran anak muda Indonesia yang berhasil mencatatkan prestasi gemilang. Berawal dari dua kata Kasak-Kusuk (Kaskus), tiga pemuda Tanah Air, Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat, membuat situs Kaskus. Situs itu dikelola PT Darta Media Indonesia.

Kini, Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Seperti dikutip wikipedia, Kaskus bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga September 2011, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 416 juta posting.

Kaskus yang diciptakan pada 6 November 1999 awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri. Pada Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar. Kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai laman terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.

Pada 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us. Sebab, penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia, apalagi Kaskus masuk dalam target penyerangan.

Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server). Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut, Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi pada September adalah 16 server. (rio)

2 Tanggapan

  1. wooow😮 kereeeeen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: