Fanni: Selalu Utamakan Keselamatan Berkendara

Fanni menjajal gokart - Dok Pribadi

Fanni menjajal gokart - Dok Pribadi

TIDAK lengkap rasanya melaporkan berita gokart, tanpa mengetahui dan merasakan langsung mengendarai sebuah gokart. Fanni Imaniar, jurnalis sekaligus presenter stasiun televisi TV One, berusaha mendalami lebih jauh bagaimana mengendarai sebuah gokart.

Fanni menjajal gokart tersebut seusai Indonesia Kart Prix 2012 di Sentul International Karting & Motorcycle Circuit, Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/01/2012).  Gadis kelahiran Surabaya, 11 Juni 1987 ini mengaku belum terbiasa mengendarai gokart.

Fanni menggunakan kostum balap - Dok Pribadi

Fanni menggunakan kostum balap - Dok Pribadi

“Penuh dengan tricky. Kalau mengendarai mobil relatif mudah karena ada power steering. Berdasarkan pengalaman saya mengendarai gokart, saya melaporkannya dalam Kabar Arena Siang. Kabar Arena adalah program berita yang menyajikan seputar dunia olahraga,” ujar Fanni di Jakarta, Selasa (31/01/2012).

Sehubungan dengan teknik berkendara, Fanni menambahkan agar seluruh pengemudi mobil dan pengendara motor selalu memperhatikan unsur keselamatan. “Kalau mengendarai motor ya harus memperhatikan pengguna jalan lain, tidak boleh melanggar rambu-rambu lalu lintas dan selalu memakai helm,” pesan Fanni yang tinggal di kawasan Cirendeu itu.

Seperti dikutip wikipedia, gokart adalah varian dari kendaraan roda empat atap terbuka sederhana dan kecil untuk olahraga motor. Gokart biasanya berpacu di sirkuit skala kecil. Balapan gokart biasanya dianggap sebagai batu loncatan untuk olahraga motor yang lebih tinggi dan lebih mahal.

Fanni berhasil menjajal gokart - Dok Pribadi

Fanni berhasil menjajal gokart - Dok Pribadi

Kecepatan gokart pun sangat bervariasi dan beberapa (disebut Superkart) dapat mencapai kecepatan melebihi 260 km/jam. Sementara itu, gokart yang dimaksudkan untuk masyarakat umum di taman hiburan mungkin terbatas pada kecepatan yang tidak lebih dari 24 km/jam. Sebuah KF1 kart, dengan mesin 125 cc 2-langkah dan berat keseluruhan termasuk pengemudi yang terdiri atas 150 kilogram memiliki kecepatan tertinggi 137 km/jam. Dibutuhkan waktu tiga detik lebih sedikit untuk kecepatan 0-96 km/jam dengan 125 cc shifter kart (6 gigi), dengan kecepatan tertinggi 185 km/jam pada rangkaian panjang. (rio)

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: