Transportasi dan Lalu Lintas Jadi Prioritas?

AJANG SEA Games XXVI, Jakarta-Palembang, 11-22 November 2011, ternyata berhubungan erat dengan arus lalu lintas di Jakarta dan Palembang. Buktinya, arus lalu lintas justru menjadi perhatian hanya ketika SEA Games XXVI berlangsung. Pertanyaannya, kenapa Pemerintah Indonesia memfokuskan masalah lalu lintas dan transportasi saat SEA Games saja? Apakah ini hanya kepentingan sesaat saja? Demi pencitraan, agar Indonesia terlihat bagus di mata negara-negara Asia Tenggara lainnya?

Buktinya, Panitia Penyelenggara SEA Games Indonesia (Inasoc) menjamin para atlet khususnya yang akan bertanding di Jakarta bakal sampai di tempat pertandingan (venue) tepat waktu.

“Kemacetan memang sudah dipikirkan sejak awal. Sebab, Jakarta dikenal dengan kepadatan lalu lintas yang sangat memusingkan. Untuk itu, agar atlet bisa sampai ke venue tepat waktu, sebelum bertanding, mereka akan dikawal dengan vorijder. Ini juga berlaku di Depok dan Palembang,” kata Wakil Deputi III Inasoc yang membidangi akomodasi dan transportasi SEA Games Ahmed Solihin seperti dikutip dari Suara Pembaruan, Kamis (03/11/2011).

Selain itu, Inasoc Jakarta danPalembang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepolisian terkait dengan pengamanan jalur-jalur yang akan dilalui atlet sehingga ketika kontingen datang sampai hari pertandingan tidak terjebak kemacetan.

Jakarta Tempo Doeloe (Pancoran, Jakarta Selatan)

Jakarta Tempo Doeloe (Pancoran, Jakarta Selatan)

Perwakilan Dishub DKI Jakarta Syamsul Mirwan mengatakan, rute-rute yang akan ditempuh dan alokasi bus untuk setiap kontingan sudah diatur bersama dengan Inasoc. Kontingen setiap cabang olahraga dari suatu negara akan dilayani satu kendaraan operasional khusus.

“Panitia telah menyediakan 98 bus besar, 121 mikrobus (bus sedang), dan 61 minibus. Semuanya mempunyai kendaraan cadangan. Bus-bus ini akan disesuaikan dengan jumlah atlet dan ofisial dari satu negara,” kata Mirwan.

Ketua Inasoc Jakarta Ratiyono mengatakan, pihaknya berusaha mencegah atlet terjebak kemacetan. Kenyamanan lalu lintas atlet selama SEA Games juga menjadi prioritas Kota Depok yang akan menggelar dua pertandingan, yaitu cabang olahraga equestrian di Arthayasa Stables dan anggar di Balairung Universitas Indonesia.

Kapolresta Depok Kombes Pol Mulyadi Kaharni mengatakan pihaknya juga menggelar operasi keamanan sebelum hingga sesudah SEA Games. Pihaknya juga sudah siap mengawal para atlet.

Arus lalu lintas menuju Pancoran padat merayap - IST

Arus lalu lintas menuju Pancoran padat merayap - IST

Sementara itu, Ketua Inasoc Palembang Muddai Madang mengatakan, antisipasi kemacetan di kotanya akan dilakukan dengan pengawalan vorijder dan menyediakan mobil derek gratis di Jembatan Ampera. Mobil itu akan mengangkut kendaraan yang mogok sehingga tidak menggangu lalu lintas.

Selain itu, sebanyak 3.000 becak juga telah disediakan di Kompleks Jakabaring Sport City,Palembang. Becak dijadikan salah satu kendaraan resmi SEA Games sebagai salah satu upaya menjaga kebersihan udara di Jakabaring.

Kendaraan selama SEA Games juga ada yang berasal dari bantuan swasta seperti PT Piaggio Indonesia yang menyumbangkan 25 unit vespa LX kePalembang. Blue Bird Group juga menjadi bagian transportasi SEA Games di Palembang dengan memberikan tarif khusus yang lebih murah, yaitu Rp 2.500 per kilometer, waktu tunggu Rp 20.000, minimun payment Rp 20.000, dan cancelation fee Rp 5.000.  Inasoc juga mendapat bantuan delapan unit mobil Daihatshu Terrios dan empat Daihatsu Luxio dari PT Astra Daihatshu Motor. Bantuan 13 unit mobil juga diberikan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor.

Lantas, kapan Pemerintah Indonesia mewujudkan moda transportasi yang aman, murah, dan nyaman? (rio)

Satu Tanggapan

  1. klo ada kepentingan aja baru diberesin😡

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: