Rifat Akhiri APRC dengan Podium

Pertamina Cusco Racing dalam Rally China

Pertamina Cusco Racing dalam Rally China

PERELI nasional Rifat Sungkar/Scott Beckwith (Pertamina Cusco Racing) menggenapi janjinya untuk mengibarkan Merah Putih dalam final Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2011 diChina. Mereka berhasil menempati podium ketiga APRC China.

Dengan hasil itu, Rifat memperbaiki peringkatnya dari tahun lalu, dari posisi keempat overall menjadi posisi ketiga overall. Peringkat satu dan kedua ditempati oleh pereli kelas dunia Alister Macrae/Christ Atkinson.

Selain menduduki peringkat ketiga APRC Driver 2011 yang dihitung poinnya untuk enam putaran rally pada seri APRC 2011 (Malaysia, Australia, New Caledonia, Selandia Baru, Jepang dan China), Rifat juga meraih peringkat kedua Pacific Cup Driver yang poinnya diraih dalam Rally Australia, New Caledonia dan Selandia Baru. Peringkat pertama direbut Chris Atkinson (Australia).

Pertarungan yang sangat ketat dalam Rally China tidak saja terjadi di antara peserta yang diikuti oleh 97 peserta top driver dari 11 negara (Inggris, Finlandia, Prancis, Belgia, Australia, Selandia Baru, India, Jepang, China, Malaysia), tapi juga harus bertarung dengan cuaca dan lintasan yang bervariasi antara tanah berlumpur, berbatuan lepas, aspal dan lintasan semen beton yang merupakan lintasn type baru dalam serie kejuaraan Rally APRC.

Pecah Ban

Rifat/Beckwith yang mengendarai Mitsubishi Lancer Evolution X  sempat melorot  ke posisi ke 25 di SS 2 saat ban depan kanannya menabrak batu dan pecah. Karena itu, Rifat/Scot harus mengganti ban di tengah lintasan. Kemudian, posisinya diperbaiki hingga di SS 6 menjadi ke 8. Namun, pada SS 7 kembali ban depannya pecah dan menggantinya di lintasan sehingga pada akhir leg 1 (Sabtu, 05/11/2011) berada di posisi sepuluh.

Pada hari terakhir, leg 2 (Minggu, 06/11/2011) reli yang berjarak total 645,16 kilometer, terbagi dalam 13 Special stage dengan jarak 231,40 km, Rifat dan Scot kembali mengalami pecah ban di SS 12. Dan, pada akhir finish berada di overall keenam, dan podium ketiga sebagai APRC registered driver.

“Ini sebuah pertarungan yang menegangkan dan membutuhkan strategi, skill dan kerjasama team yang sangat baik. Lintasannya sangat tricky, terjal dan lintasan yang bervariasi,” ujar Rifat.

Scott Beckwith menambahkan, sejak awal tim sudah komit pada pacenote (petunjuk lintasan). “Dan, ini yang memberikan kami bisa mengembangkan kecepatan yang maksimal  dengan ditunjang oleh kendaraan Mitsubishi yang bagus, dan persiapan dariCuscoyang fantastic,” ujar Scott.

Sugimura, manajer tim Pertamina Cusco Racing, mengaku  sangat bangga atas hasil yang dicapai Rifat/Scott. “Kerja keras kami tidak sia-sia. Memang agak sukar pada tahun pertama kami bersama ini untuk melawan para pereli  dunia. Tapi kami yakin Rifat dan Cuscoakan meraihnya pada tahun mendatang,” jelas dia. (rio)

Hasil APRC China

1.      Alister MacRae/Bill Hayes (3 jam 00’ 38”)

2.      Christ Atkinson/Stephane Prevot (3 jam 01’ 52”)

3.      Rifat Sungkar/Scott Beckwith (3 jam 14’24”)

4.      Karamjit Sigh/Vivek Ponnusamy (3 jam 29’04”)

5.      Akira Bamba/Takahiro Yasui (3 jam 36’ 37”)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: