Zamrud Khatulistiwa dan Ring of Fire Berbagi Kisah

Youk Tanzil (Ring of Fire, dua dari kiri) dan Ahmad Yunus (Zamrud Khatulistiwa, dua dari kanan) – Foto Rio

SUASANA Kopdar Gabungan (Kopdargab) Scorpio di Surganya Bikers, Harapan Indah, Bekasi, Sabtu (01/10/2011), berlangsung meriah dan seru. Sambil diselingi acara nonton bareng cuplikan film dokumenter ekspedisi Ring of Fire dan Zamrud Khatulistiwa, ratusan bikers dari puluhan komunitas dan klub Scorpio yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang (Jabodetabek), tumplek blek di sana.

Dalam Kopdargab yang diprakarasai Mailing List Yamaha Scorpio (MiLYS) itu dihadiri Ahmad Yunus (Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa), penulis buku Meraba Indonesia, dan Youk Tanzil (Ring of Fire).

Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa adalah perjalanan dua orang wartawan untuk memotret kondisi alam dan manusia di 80 pulau di seluruh Indonesia. Perjalanan tersebut menghasilkan 10 ribu frame foto, 70 jam video dan kumpulan catatan perjalanan. Sedangkan Ring of Fire (RoF) adalah perjalanan keluarga antara ayah dan anak menggunakan sepeda motor dari mulai Pulau Timor hingga ke Pulau Jawa.

“Saya mau mewariskan pengalaman tentang Indonesia kepada anak-anak saya.Indonesia adalah negeri indah,” kata Youk Tanzil. Dia membawa tim khusus untuk mendokumentasikan perjalanan tersebut agar film perjalanan tersebut dapat dilihat publik Indonesia dan internasional. Perjalanan RoF etape kedua akan melintasi kepulauan Maluku dan kemudian ke Sulawesi pada penghujung tahun ini.

Rencananya, RoF juga melibatkan dan mengundang bikers internasional yang pernah menjajal berbagai medan perjalanan. “Ini kejutan. Nanti saya umumkan namanya, siapa,” kata Youk Tanzil mengundang penasaran bikers. RoF akan menggunakan sepeda motor Yamaha Tenere XT660Z ABS yang didaulat menjadi raja pada balap Paris-Dakkar saat melintasi medan gurun pasir.

“Paling penting bagaimana kita memaknai perjalanan sehingga bernilai. Bukan sekadar mencapai tujuan saja,” kata Ahmad Yunus. Menurut dia, mendokumentasikan perjalanan sangat penting. Baik melalui foto, video maupun tulisan. Sehingga publik bisa membaca dan melihat kondisi kekinian tentang Indonesia. “Internet mempermudah dan membuat orang saling terkoneksi. Jadi bikers bisa memanfaatkan kekuatan teknologi ini untuk berbagi,” kata Ahmad Yunus yang mengaku senang bisa mengumpulkan 1.000 buku dari Kopdargab untuk taman bacaan di Pulau Sebesi. (rio)

Satu Tanggapan

  1. thank you ..
    for more RoF action visit us at : http://www.ringoffireadventure.com
    search us also at Facebook and Twitter @RoFAdventure ..

    see at my blog too for more RoF activities ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: