Buku Cerita Anak Nusantara

Foto – Photograph Collection

LAGI-LAGI Ahmad Yunus, 30 tahun, penulis buku ‘Meraba Indonesia’ ingin menunjukkan kecintaannya terhadap Tanah Air melalui sebuah buku. Kini, ayah dari Neira Senja Medinah, 6 bulan, itu ingin menulis buku tentang anak-anak nusantara.

“Tujuan saya adalah untuk membuat anak-anak Indonesia lebih mencintai Tanah Air. Saat ini, banyak buku anak-anak yang menyajikan tokoh-tokoh dari luar negeri. Ya, misalnya saja Superman, Batman, Doraemon, Naruto, dan tokoh-tokoh super hero lainnya,” ujar Yunus di kediamannya, Pejaten, Minggu (11/09/2011).

Yunus mengaku masih banyak memiliki bahan cerita soal anak-anak nusantara dari hasil perjalanan Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Ekspedisi ini dilakukan Yunus dan Farid Gaban, melakukan perjalanan kelilingIndonesia. Tujuannya untuk mendokumentasikan alam kepulauan dan manusianya di 80 pulau.

Mulai dari Sabang hingga Merauke. Dari Miangas hingga Rote. Ekspedisi ini berlangsung dari Juni 2009 hingga Juni 2010 dan menghasilkan 10 ribu foto, 70 jam video dan ratusan catatan perjalanan. Kegiatan saat ini berlanjut pada diskusi buku, pemutaran film hingga pameran foto yang berlangsung di komunitas dan kampus. Buku itu terbit pada Juli 2011.

Yunus berencana untuk membuat buku cerita anak nusantara berdasarkan kunjungan dia dari satu pulau ke pulau lain. “Saya akan bercerita soal anak-anak Indonesia per pulau. Bahkan, saya ada rencana untuk membuat komik Meraba Indonesia. Untuk pembuatan komik, saya akan dibantu teman dari Di Yogyakarta,” jelas Yunus. Hmm, mantap. (rio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: