Jelajah Kopi Sumatera

Foto: IST

BEGITU banyak ide yang ada dalam pemikiran Ahmad Yunus, 30 tahun, penulis buku MerabaIndonesia. Buku itu berisi catatan perjalanan dan cerita tentang kehidupan masyarakat di kepulauanIndonesia. Buku ini terbit pada Juli 2011.

Saat berbincang di kediamannya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Minggu (11/09/2011) siang, Yunus sempat melontarkan rencananya soal ‘Jelajah Kopi Sumatera’. Apa itu Jelajah Kopi Sumatera?

“Setelah Program Pulau 1.000 Buku di Pulau Sebesi-Sebuku, Lampung Selatan, berjalan, saya berencana untuk membantu perekonomian masyarakat di Pulau Sumatera yang bergerak di bidang perkebunan kopi. Tujuannya adalah mengembangkan hasil perkebunan di Tanah Air, khususnya di Pulau Sumatera,” jelas Yunus.

Yunus mengaku belum tahu apakah akan mengendarai sepeda motor atau kendaraan roda empat dalam program ‘Jelajah Kopi Sumatera’. Dalam programnya itu, Yunus ingin memotret kehidupan petani kopi. Apa saja sih kendala yang ada selama ini? Lantas, bagaimana solusinya?

Yunus berencana mengambil rute start dari Nanggroe Aceh Darussalam, Gayo, Toba, Mandailing, Jambi, Gunung Kerinci, Bengkulu, Palembang, dan finish di Lampung. Sepanjang perjalanan itu, Yunus akan mewancarai petani kopi, mendokumentasikannya dalam bentuk video dan foto. Tentunya, hasil perjalanan itu akan dituangkan dalam bentuk buku, pameran foto, dan video dokumenter. Hmm, mantap.

“Setelah semua jadi, saya dan teman-teman juga akan membuat Festival Kopi Sumatera. Dalam acara itu, bakal dijelaskan soal keunggulan kopi Sumatera yang tak kalah bersaing dengan produk-produk kopi lainnya. “Kami akan mengundang pembeli-pembeli kopi dari luar negeri. Buktinya, Starbucks, juga menggunakan bahan bakukopi Sumatera. Intinya, Indonesiamemiliki kekayaan sumber daya alam. Dan, masyarakatnya pun harus bangga dengan produknya sendiri,” jelas Yunus. (rio)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: