Persembahan Skripsi untuk Almarhum Kakak

ADA yang menarik dari Debby Pratiwi Putrawinata, 25 tahun. Gadis kelahiran Jakarta, 4 November 1985 itu merupakan alumni Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta.

Nah, gadis manis itu memilih untuk meneliti perilaku pengendara sepeda motor sebagai bahan penulisan skripsinya yang berjudul ‘Pengaruh Pemahaman Peraturan Lalu Lintas dan Persepssi Reward dan Punishment Terhadap Self Control Pengendara Sepeda Motor di Jakarta.

Debby yang menjalani sidang skripsi pada 30 Juli 2011 itu berhasil mendapatkan nilai B. Alasan Debby memilih menekuni perilaku pengendara sepeda motor setelah membaca buku karangan bro Edo Rusyanto, blogger sekaligus wartawan di sebuah harian ekonomi terkemuka di Indonesia, tentang seputar dunia sepeda motor.

“Selain itu, kondisi lalu lintas saat ini sering macet dan banyak orang memilih untuk naik sepeda motor. Sebab, kondisi sistem transportasi di Indonesia tidak nyaman, aman, dan murah,” jelas Debby.

Dia pun mengaku memiliki kisah sedih sehingga serius memilih topik pengendara sepeda motor. “Saya bertekad skripsi ini segera selesai. Setelah prosesnya memakan waktu empat bulan, semua berjalan lancar,” papar Debby.

Skripsi itu, kata Debby, didedikasikan untuk almarhum sang kakak yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Dua tahun lalu, kakak diboncengin sama temannya naik motor.

Di tengah kondisi hujan lumayan deras saat itu, teman sang kakak tidak bisa mengendarai motor dengan keadaan tenang. Akibatnya, mereka tergelincir dan terjatuh. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Sang kakak yang tidak menggunakan helm itu terjatuh sehingga  meninggal dunia.

Karena itu, Debby berusaha untuk selalu serius dalam menyelesaikan skripsi yang akhirnya tuntas dalam waktu empat bulan. “Dan, berkat bantuan 200 kuisioner dari berbagai responden, skripsi bisa kelar. Semoga saja, untuk ke depan, bagi para pengendara motor bisa lebih memahami dan mematuhi peraturan lalu lintas,” tambah Debby. (Rio)

5 Tanggapan

  1. jarang-jarang jalanan dibuat skripsi . . .

    salut dah. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  2. wohh..cantiknya..ehm2…sasaran ente nih om??..xixiix…freshh graduade nih😀

  3. saya kapan ya ikutan skripsi juga…😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: