Rifat Raih Posisi Empat APRC Tiongkok

Rifat Sungkar (kanan) berjabat tangan dengan navigatornya Scott Beckwith sesuai APRC Tiongkok, Minggu (7/11) – Foto Ist

PERELI nasional Rifat Sungkar mengakhiri pentas reli Seri VI Asia Pacific Rally Championship (APRC) Tiongkok di Longyou, Tiongkok, Minggu (07/11/2010) dengan perasaan kecewa.

Seperti dilansir Antara, Selasa (09/11/2010), Rifat harus puas menempati peringkat keempat klasemen akhir APRC. Rifat mengaku tidak bisa memanfaatkan kegagalan dua pereli di posisi teratas, Katsuhiko Taguchi (Jepang) dan Gurav Gill (India) yang kandas sejak etape pertama. Mereka berhenti karena mobil Taguchi menabrak pohon. Sedangkan, suspensi mobil Gill rusak berat.

Setelah Taguchi dan Gill tidak bisa melanjutkan lomba, Rifat sebenarnya berpeluang meraih gelar juara dunia APRC. Sebab, Rifat masih terus melaju. Tapi, pada dua kilometer jelang finis di Special Stages (SS) kelima, gardan belakang mobil Rifat lepas. Mobil Rifat pun rusak berat, terutama pada sistem deferensial. Masalah teknis ini membuat Rifat tidak semangat.

Mobil Rifat sempat diperbaiki oleh kepala tim tekniknya, Wiewie Riyanto. Rifat bersama navigatornya Scott Beckwith mendapat pinjaman ECU dari Brian Green (Selandia Baru). Rifat pun bertarung pada leg dua, hari terakhir, Minggu (07/11/2010). Dengan kondisi itu, Rifat finis keempat dan secara keseluruhan meraih posisi keempat dengan total pengumpulan 71 poin dari enam seri yang diikuti di Malaysia, Jepang, Selandia Baru, Australia , Kaledonia Baru, dan Tiongkok. Kendati tidak melanjutkan, Taguchi menjadi juara APRC 2010 diikuti Gill (posisi kedua) dan Allister McRae (posisi ketiga).

Rifat Sungkar beraksi di Tiongkok - Foto Ist

“Saya merasa sedih berada di posisi keempat klasemen. Padahal, saya sebenarnya bisa mencuat ke peringkat teratas dan meraih gelar juara dunia. Saya minta maaf kepada para sponsor dan semua yang sudah mendoakan saya,” tutur Rifat saat tiba di Tanah Air, kemarin.

Dari total 47 peserta yang mengikuti APRC Tiongkok, sebanyak 31 peserta yang berhasil mengikuti seluruh leg satu dan leg dua dengan jarak total 671,85 kilometer. Sebanyak 90% mobil peserta reli rusak pada bagian suspensi, velg, dan ban kempes. (rio winto)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: