Pesta Sang Juara Dunia

Pembalap Gresini Racing Moto2 asal Spanyol, Toni Elias (kiri), pembalap Fiat Yamaha Jorge Lorenzo (tengah) dan pembalap Red Bull Ajo Motosport Marc Marquez (kanan) foto bersama di Sirkuit Valencia, Ricardo Tormo, Minggu (7/11). Elias dan Marquez merasa bangga bisa foto bersama dengan juara dunia, Lorenzo yang merupakan rekan senegaranya. - AFP

JORGE Lorenzo menutup kompetisi musim 2010 dengan sempurna. Setelah menyandang gelar juara dunia MotoGP, Lorenzo mengukuhkan dominasinya bersama Fiat Yamaha dengan menjuarai seri pamungkas 2010 di Valencia, Minggu (07/11/2010).

Sementara itu, Casey Stoner (Marlboro Ducati) dan Valentino Rossi (Fiat Yamaha) masih bisa naik podium sebelum pindah tim tahun depan. Stoner, yang musim depan akan kembali ke tim lamanya, Honda, finish sebagai runner up di Valencia.

Sedangkan, Rossi yang memperkuat Fiat Yamaha sejak 2004, hari ini resmi berpisah dengan pabrikan yang sudah memberinya empat gelar juara itu. Musim depan, dia bergabung dengan tim asal negaranya Italia, Ducati, mengisi tempat yang ditinggalkan Stoner.

The Doctor menandai perpisahannya itu dengan menaiki podium nomor tiga. Itu adalah kali ke-85 ia menjejak podium sepanjang kariernya di kelas primer Grand Prix bersama Yamaha.

“Meraih kemenangan di Valencia adalah suatu kebahagiaan yang ternilai harganya. Pertama, saya bisa memuaskan harapan para penggemar di Valencia. Kedua, sebagai juara dunia saya menutup musim ini dengan kemenangan yang indah. Bagi saya, semua ini merupakan pesta yang dirayakan seluruh Spanyol,” ujar Lorenzo, juara dunia MotoGP 2010.

Kiprah Lorenzo

Perjalanan karier Lorenzo di dunia balap tergolong gemilang. Pemuda kelahiran Palma de Mallorca, Spanyol, 4 Mei 1987 itu pernah menjadi juara dunia kelas 250cc pada 2006 dan 2007. Pada 10 Oktober 2010, Lorenzo memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya walaupun hanya finish ketiga dalam MotoGP Malaysia.

Casey Stoner - AFP

Meskipun demikian, Lorenzo dikenal memiliki semangat dan rasa humor yang tinggi saat merayakan kemenangannya, terutama saat mendominasi musim 2010. Beberapa selebrasi kemenangan Lorenzo pada musim 2010 antara lain menjadi pegolf, dan astronot. Bahkan, dia membawa dua maskot Mario dari serial Nintendo Mario Bersaudara saat memastikan diri sebagai juara dunia 2010 di Malaysia.

Namun, perjalanan Lorenzo tak selalu mulus. Pada musim 2010, karier dia sempat diwarnai rivalitas dengan rekan setimnya, Rossi di Fiat Yamaha. Rossi pernah mengeluarkan pernyataan dalam sebuah tim dua pembalap tidak mungkin bersahabat. Kemudian, setelah Lorenzo menjadi juara dunia MotoGP 2010, Rossi kembali berujar bahwa Lorenzo perlu motivasi baru agar bisa membuatnya terus bersemangat dalam mempertahankan gelar juara dunianya pada musim 2011. (rio winto)

Hasil MotoGP Valencia

No Nama                 Tim                             Waktu

1. Jorge Lorenzo      Yamaha Factory          46 menit 44.622 detik

2. Casey Stoner        Ducati Marlboro Team     +04.576

3. Valentino Rossi    Yamaha Factory               +08.998

4. Ben Spies              Yamaha Tech 3                +17.643

5. Andrea Dovizioso  Honda HRC                    +19.106

Klasemen

Pembalap

Nama Tim Poin
Lorenzo Yamaha 383
Pedrosa Honda 245
Stoner Ducati 233
Rossi Yamaha 225
Dovizioso Honda 206

Konstruktor

Tim Motor Poin
Yamaha YZR_M1 240
Honda RC212V 195
Ducati GP9 149
Suzuki GSV-R 48
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: