Dragster Minim Safety Gear?

Safety Gear Tak Maksimal - Foto Ding A

 

AJANG Day Battle IPMJ Enduro Racing Drag Bike 201 M Championsip di Parkir Barat JI Expo, PRJ Kemayoran, Jakarta,  Minggu (30/5/2010), berlangsung seru. Tapi, masih banyak hal penting yang harus diperhatikan.

Salah satunya adalah persoalan safety gear pengendara, khususnya buat para dragster. Mereka (dragster) harus menggunakan helm SNI, sarung tangan (khusus balap), sepatu balap, dan pakaian balap yang sudah dilengkapi oleh pelindung punggung, siku, dengkul, dan pelindung tulang pinggul.

Namun, fakta yang terjadi, sebagian besar dragster yang tampil dalam Enduro Racing Drag Bike 201 M, Minggu (30/5/2010), tidak memperhatikan masalah safety gear. Mereka memang memang menggunakan helm, tapi sepatu, jaket dan sarung tangannya sama sekali tidak mendukung. Bahkan, mereka tidak memakai pelindung siku, dan lutut. Anehnya, mayoritas cenderung menggunakan sepatu kain yang tidak sesuai untuk lomba balap motor tersebut.

Padahal, jenis olahraga drag bike sangat berhubungan dengan kecepatan tinggi. Otomatis, jika terjatuh, mereka dapat luka parah dan kemungkinan bisa meninggal dunia. Memang, kendati sudah menggunakan safety gear, masih belum jaminan tetap bisa selamat. Namun, setidaknya safety gear dapat mengurangi risiko yang terjadi.

“Kami selalu berusaha menekankan kepada pembalap (dragster) untuk selalu memperhatikan masalah safety gear. Sebagian belum menggunakannya mungkin terbentur masalah dana. Jadi, masih ada tim yang bermodal pas-pasan,” ujar promotor balap nasional, Helmy Sungkar kepada penulis, di Jakarta, Minggu (30/5/2010).

Lho? Padahal, drag bike merupakan kompetisi balap motor dengan kecepatan tinggi di lintasan lurus sejauh 201 meter untuk bersaing sebagai yang tercepat melintasi garis finish. Jadi, lomba ini tergolong penuh risiko dan harus diantisipasi dengan baik. (rio winto)

Iklan

10 Tanggapan

  1. Langsung gas aja, kan udah biasa liar.

  2. kalo belum kuat beli yg standar balap ya beli standar harian toh harganya tidak nyape melebihi biaya modif motornya

  3. YANG PENTING MOTORE BANTER…………….NYOWO NO 234546…………..ITU KATA ORANG YANG GAK BENER…………………..YANG PENTING SAFETY………BRO KLU MAU BALAP…………………….

  4. seharusnya tiap lomba drag resmi gini harus wajib ada safety yang mendukung, buat ngurangin resiko, nyawa kan cuma satu, ^_^

  5. betull thu..

  6. BetuL tuh om.
    Buat bkin motor mampu,tpi knp g mampu buat beli safty gear.

  7. gw ngedukung bangeet .

  8. Mantap toe mtor nya gua suka

  9. begitulah….safety gear masih sering dilupakan

  10. urusan yak e

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: