Latihan Bebas, Hamilton Tercepat

Reuters

PERSAINGAN di lintasan Sirkuit Catalunya semakin panas. McLaren Mercedes mendominasi sesi latihan bebas pertama Grand Prix  Formula 1 (GP F1) Spanyol di Sirkuit Montmelo, Catalunya, Spanyol, Jumat (7/5). Buktinya, Lewis Carl Hamilton (McLaren Mercedes) membukukan waktu terbaik dan posisi kedua diraih rekan setimnya Jenson Button.

Seperti dilansir formula1.com, kemarin, keberhasilan duo pembalap McLaren memuncaki daftar waktu terbaik di Sirkuit Catalunya seperti mengulang sukses mereka dalam GP F1 Tiongkok, beberapa pekan lalu. Saat itu mereka meraih posisi satu-dua dalam balapan yang dimenangi Button.

Hamilton mencatatkan waktu terbaik satu menit 21,134 detik. Catatan waktu itu membuat dia berada di posisi teratas. Sementara itu, Button menguntit di belakangnya dengan torehan terbaik berada pada angka satu menit 21,672 detik. Hamilton pun bertekad untuk merebut gelar juara dalam GP F1 Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (9/5).

Hamilton yang lahir di Stevenage, Britania Raya, 7 Januari 1985 adalah pembalap Formula 1 berkebangsaan Britania Raya. Saat ini, seperti yang tertulis di Investor Daily, edisi Sabtu (8/5), ia membela tim McLaren Mercedes. Ia adalah juara dunia termuda sepanjang sejarah GP F1 saat merebut gelar pada 2008. Saat itu, ia berusia 23 tahun, 9 bulan, dan 26 hari, sehingga memecahkan rekor Fernando Alonso yang berusia 24 tahun dan 59 hari ketika meraih gelar juara dunia 2005.

Karier Hamilton di GP F1 dimulai pada 2007. Ketika itu, ia ditunjuk sebagai rekan setim Fernando Alonso di McLaren. Debut GP F1 pertamanya adalah pada GP Australia 18 Maret 2007. Dalam lomba itu, ia finish di urutan ketiga.

Kejutan Schumacher

Dalam latihan bebas sesi pertama di Catalunya, kemarin, Michael Schumacher membuat kejutan dengan meraih posisi ketiga dalam sesi tersebut. Dengan waktu terbaiknya satu menit 21,716 detik, pembalap Mercedes GP itu mengungguli duo Red Bull, Mark Webber dan Sebastian Vettel.

Fernando Alonso (Ferrari) - Reuters

 

Schumacher memulai karier balapnya saat berusia 15 tahun. Sebab pihak otoritas Jerman hanya memberikan SIM balapan jika seseorang sudah berusia 14 tahun, Schumacher kemudian berpindah tempat ke Luxemburg pada 1981, dan ia berhasil mendapatkan SIM balapan resmi untuk pertama kalinya. Pada 1984, Schumacher berhasil mendapatkan SIM balapan dari Jerman setelah memenangi Kejuaraan Kart Junior Jerman. Ia lantas bergabung dengan Eurokart yang dimiliki Adolf Neubert pada 1985.

Pada 1986, Schumacher memenangi dua kejuaraan gokart sekaligus, yaitu Kejuaraan Nasional Jerman, dan Kejuaraan Gokart Eropa. Dia bertahan di ajang gokart sampai akhir 1987. Schumacher yang sudah malang melintang dalam GP F1 berhasil merebut gelar juara dunia sebanyak tujuh kali (1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004).

Kemudian, ia mengumumkan akan pensiun pada akhir 2006. Kimi Raikkonen akan menggantikan posisinya pada 2007. Balapan terakhir Schumacher bersama Ferrari di Brasil diwarnai isak tangis jutaan fans F1 di seluruh dunia. Pada musim 2010, Schumacher kembali turun ke lintasan bersama Mercedes GP.

Schumacher pun membuat kejutan dengan meraih posisi ketiga dalam latihan bebas sesi pertama di Sirkuit Montmelo, Catalunya, Spanyol, Jumat (7/5).

Sementara itu, posisi enam sesi latihan bebas pertama ditempati Nico Rosberg. Ia membukukan waktu untuk satu putaran sirkuit adalah satu menit 22,070 detik. Di belakang Rosberg ada Robert Kubica dengan satu menit 22,202 detik.

Fernando Alonso (Ferrari) - Reuters

Hasil kurang maksimal didapat Ferrari dalam sesi ini. Penunggang F10 dengan posisi terbaik adalah Fernando Alonso harus puas berada di peringkat delapan setelah menorehkan waktu satu menit 22,.258 detik. Sementara itu, Felipe Massa terpuruk di posisi 12 dengan catatan waktu 1 menit 22,975 detik. Vitaly Pertov dari Renault dan Kamui Kobayashi yang menunggang BMW menjadi dua pembalap terakhir di posisi sepuluh besar. (rio winto)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: