Tips Persiapan Mudik Ala Rifat Sungkar

Rifat Sungkar

Rifat Sungkar

APAKAH Anda berencana pulang kampung? Apakah Anda akan menggunakan mobil untuk pulang kampung? Berikut adalah tips dari Rifat Sungkar, atlet dan juga pemerhati otomotif nasional, bagi Anda yang akan menggunakan mobil untuk pulang kampung.

Tips 1 – Tune Up

Menurut Rifat, “Tune up kendaraan sebaiknya dilakukan agar “menyegarkan” kondisi mesin mobil, agar nyaman dan aman ketika berkendaraan jauh. Jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan”.

Tips 2 – Ganti Oli

“Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi resiko overheating pada mesin. Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila menggunakan oli baru. Semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi resiko mengalami overheating.Terutama jika mobil yang dikendarai membawa penumpang dengan kapasitas penuh, melewati jarak tempuh yang panjang, melintasi kemacetan dan jalanan dengan kondisi yang buruk.  Untuk membantu mengatasi overheating pada mesin, sebaiknya menggunakan coolant untuk air radiator. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi selang dan radiator itu sendiri,” jelas Rifat.

Tips 3 – Suspensi Kendaraan

Selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh. “Ketika melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik, kendaraan sangat memerlukan suspensi yang bekerja dengan baik. Terutama bila kapasitas penumpang penuh, yang akan sangat  membebankan suspensi, terutama suspensi belakang. Hal yang perlu diingat adalah suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan, dan untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang baik, kondisi suspensi harus benar-benar prima,” ujar Rifat.

Tips 4 – Ban

Untuk memastikan kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. Tekanan pada ban juga perlu diperhatikan, karena ban tidak hanya berfungsi untuk handling namun juga sebagai suspensi.  “Banyak orang percaya kalau tekanan pada ban yang baik adalah 28 psi. Namun, kalau kendaraan berpenumpang penuh, tekanan ban dianjurkan 30-32 psi, dan seimbang untuk keempat ban,” ujar Rifat. “Ban cadangan sudah pasti harus disiapkan. Tekanan pada ban cadangan harus lebih tinggi dari ban yang dipakai, agar tekanan ban tidak kurang dari 30 psi ketika harus dipakai,” tambah Rifat.

Tips 5 – Rem

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rem. Rem merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. “Pastikan rem berfungsi dengan baik. Ganti minyak rem dengan yang baru, pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik,” ujar Rifat. Agar rem maksimal, Rifat menganjurkan menggunakan minyak rem dengan DOT yang memiliki grade yang tinggi. “Sebaiknya gunakan minyak rem dengan DOT grade 4”. Rifat Sungkar menyarankan untuk menggunakan DOT grade 4. “Biasanya standar grade kendaraan adalah DOT 3, tetapi DOT grade 4 memiliki daya cengkram yang lebih stabil untuk semua temperature. Tetapi selain minyak rem, kampas rem pun harus dalam kondisi baik, karena percuma punya rem dengan daya cengkram bagus tapi kampas remnya habis,” tambah Rifat. (rio)

 

 

About these ads

2 Tanggapan

  1. waaahhh ngabantu banget nih buat mudik tahun depan. semogaaa mudik tahun depan bisa di ikutin tipsnya :D

  2. boleh nih,, buat yang mau mudik.. tahun baruan dikampungnya hehehehe

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: