Honda Spacy PGM FI Masih Bergetar

AGUSTINUS W Triwibowo, seorang rekan yang baru membeli satu unit sepeda motor Honda Spacy PGM F1 warna hitam, menuturkan pengalamannya setelah menjajal motor tersebut. Berikut pengakuan Bejo, panggilan akrab Agustinus W Triwibowo. (rio)

 Ilustrasi Penggantian Spare Part Spacy Bergetar - Dok Pribadi Bejo-Kaskus

Ilustrasi Penggantian Spare Part Spacy Bergetar – Dok Pribadi Bejo-Kaskus

Pada Sabtu (31/03/2012), Honda Spacy PGM FI Hitam diantar ke rumah. Satu pekan kemudian, plat nomor dan STNK pun turun. Motor baru tersebut akhirnya bisa dipakai untuk ke kantor. Namun, ada yang aneh ketika berjalan diatas kecepatan 40 km/jam. Tepatnya, ada getaran yang membuat tidak nyaman. Pada kecepatan 40 km/jam, terasa vibrasi gret, gret, gret. Getarannya tidak konstan, tapi ada temponya. Semakin digas hingga kecepatan 50 km/jam, getaran semakin cepat dan temponya tidak beraturan. Terkadang, getarannya panjang dan kadang pendek.

Getaran tersebut terasa di bagian kaki, jok motor dan stang. Apalagi di saat jalan lurus dan sepi. Getaran itu juga membuat plastik penutup bagian depan ikut bergetar (mungkin karena kendor). Tempo getaran itu semakin terdengar oleh pengendara. Gret, gret……..gret-gret-gret……gret…gret……gret……gret-gret-gret..

Akhirnya, akibat ketidaknyamanan ini, saya menuju ke AHASS 001 Dewi Sartika untuk mengajukan claim dan motor sudah menghabiskan jarak tempuh 300 km. Keluhan saya diterima dengan baik.  Namun, sepeda motor sepertinya hanya dibersihkan bagian CVT nya. Sebab, pada sorenya sudah bisa diambil. Namun setelah dikendarai ternyata getaran masih ada, tidak berkurang. sama seperti awal. Lalu, saya kembali lapor ke AHASS melalui telepon. Menurut penjelasan pihak mekanik, kampas masih baru. Tapi, kenapa tidak semua Spacy FI mengalami masalah ini. Artinya ada sesuatu yang tidak beres dengan komponen motor saya. Bahkan, saya juga menggunakan Honda Vario, namun tidak ada getaran yang sama. Beitu pula dengan Honda Beat kawan saya tidak mengalami getaran-getaran ini.

Setelah itu, saya berusaha melaporkan melalui email ke Customer AHM yang ada di website. Laporan saya ditanggapi dengan baik. Bahkan, mereka membalas email saya. Kemudian, saya ditelepn oleh pihak Honda.

Pada Kamis (19/04/2012), saya ditelepon Ibu Hanifa. Dia menanyakan tentang komplain saya dan menyarankan untuk dibawa kembali ke AHASS Dewi Sartika.

Pada Jumat (20/04/2012), motor saya dibawa ke AHASS. Dan, km sudah menunjukkan 500 km. Saya diterima oleh Pak Eko (bagian claim). Dan, sama seperti pada awal mula. Penjelasannya adalah karena kampas masih baru, namun saya minta untuk lebih dianalisa. Karena itu, motor menginap di bengkel. Saya memberikan kesempatan untuk dipakai, ditest jalan.

Lalu, pada Rabu (25/04/2012), motor selesai dan saya ambil di Dewi Sartika. Menurut Pak Eko, motor saya diganti bagian kampas komplingnya sartu set. Dan sama seperti awal, getaran itu masih ada, tidak hilang. Berbeda ketika saya mengendarai Honda Vario dan Honda Beat.

Pertanyaanya, apabila memang alasannya masih baru kenapa tidak semua Spacy PGM FI mengalami hal yang sama. Menurut forum Spacy helm in di forum kaskus.us,

Spacy jenis karburator tidak mengalami getaran-getaran ini dan tidak semua Spacy juga injeksi mengalami hal ini. Beberapa anggota forum yang mengalami getaran di Spacy Fi, berusaha mengganti CVT belt satu set, serta ada yang mengganti gear gardan, gear kopling dan mangkok kopling. Namun, tetap masih terasa getaran itu. Kendati menjadi sedikit berkurang, saya yakin tidak semua Spacy PGM FI mengalami getaran-getaran ini artinya ada kesalahan dalam produksinya.

Kemudian, pada Jumat (27/04/2012), saya ditelepon Ibu Tisya (Honda Customer Care Center) dari JHC (Jakarta Honda Centre) menanyakan kondisi sepeda motor. Dan dia terus memantau keluhan saya. Dia bilang keluhan custumer honda itu terekam, history motor saya terekam di Honda.

“Saya lapor motor masih terasa getaranya. Dan memang getarannya sedikit berkurang. Namun, kalau boncengan lebih terasa getarannya. Karena, saya agak tidak bersemangat jika harus ke bengkel lagi, saya mengatakan nanti saja ketika service kedua yaitu pada 2.000 km nanti. Ibu Tisya setuju, dan mengatakan. Kalau ada apa-apa bisa menguhubunginya di 021 801 5555 di extension 270.” ujar Bejo.

Senin (30/04/2012), siang, pukul 11.50 WIB, saya di telepon Pak Ferryanto (Honda Customer Care Center) menanyakan lagi tentang motor yang bergetar. Dia mengatakan kapan bisa diantar ke bengkel lagi untuk dianalisa. “Dan saya bilang mungkin Rabu (02/05/2012) dianalisa lagi dan bisa bertemu  langsung kepala mekanik di AHASS Dewi Sartika.

Selasa (01/05/2012), pukul 17.00 WIB, saya ditelepon kembali oleh ibu Tisya. Beliau menanyakan kembali tentang motor saya. Dia ingin memastikan apakah Rabu (02/05/2012), saya bisa membawa motornya lagi ke AHASS Dewi Sartika. Sebab, berdasarkan info dari Pak Ferryanto saya akan membawa motornya Rabu (02/05/2012). Namun, karena saya pikir kalo dianalisa lagi dan masih sama saja, mending nanti saja pada saat mencapai 2.000 karena sekaligus service dan penggantian oli kedua. “Saya memastikan ke Ibu Tisya, motor akan dianalisa pada km 2.000 nanti,” ujar Bejo.

“Menurut saya Custumer Care Honda cukup bagus bro, semua history terekam, artinya CRM (Custumer Retention Management) mereka berjalan baik. Nanti pada 2.000 km saya akan ke AHASS Dewi Sartika. Syukur-syukur bisa berkurang dan hilang getarannya, jika belum semoga bisa ketemu solusinya,” ujar Bejo. 

Terima Kasih

Agustinus W Triwibowo

About these ads

80 Tanggapan

  1. begitulah produknya, Honda si Raja Getar *pengalaman pribadi*

  2. :D ane pengguna Spacy FI mulai januari 2012. pas waktu dateng emg ada getaran2, tp 4hari udah ilang tu bro.. malah jauh lbih alus dr generasi mesin beat. ane inreyen always full speed. :D

  3. apa mungkin mounting mesin yg ngak kenceng???

  4. lalu waktu dan tenaga bolak-balik, belum lagi potensi kesempatan, yang hilang selama bolak-balik ngurus servis diganti juga?

  5. coba lepas semua part cvt, nyalakan mesin apakah getaran yg dikeluhkan masih terasa. kalau iya berarti masalah ada di mesin. tapi kalau getaran tdk terasa spt yg dikeluhkan berarti masalah ada di cvt.

  6. beat saya ada getarannya klo jalan40km/jam..tune up di astra jawabannya “memang gitu…”

    ya udah..*pasrah

    • Beat nya jg gitu bro? dret-dret dret ketika di gas?

      • iya…dret..dret pas digas…
        pdhl dulu pake vario SW ga da getaran klo jalan40km/jam…

        dah ada solusinya ya gan?

    • sama punyaku juga gitu mulai dari 0 km sampai skrng sy bw ke ahas katanya mekanik memang frekwensi nya gak sama akhirnya ya sy pakek aja ………

  7. nasib…. nasib…. biasanya getaran motor matik itu terjadi saat menahan gas ketika akselerasi pertama. Tapi jika saat kecepataan tinggi juga getar…. saya khawatir ini bawaan dari orok… tapi saran saya, coba ditest memakai part cvt milik kymco trend sr, ditest saja, mulai dari kampas kopling dan mangkoknya. Part CVT kymco Trend dgn Honda PNP kok, bro.

    next time cari motor anti getar, bro…. banyak kok… ada Piaggio, SYM, dan Kymco!!

  8. Halo bro-bro sekalian. Hari Senin, tanggal 14 Mei, jam 14.20 WIB saya di telpon kembali oleh Pak Ferry dari AHM, untuk menginformasikan agar motor saya dibawa ke Pabrik AHM untuk dilakukan analisa lebih dalam. Hari ini, Selasa tanggal 15 Mei, motor Spacy PGMI FI saya yang sudah sudah 1.860km saya bawa ke Ahass 0001 Dewi Sartika untuk nantinya dibawa ke Pabrik AHM. “Motor akan dianalisa lebih lama dan mendalam di pabrik” kata pak Ferry, dan pihak AHM memberi pinjaman motor pengganti untuk saya gunakan selama motor dianalisa.
    Semoga ditemukan masalahnya dan bisa diperbaiki. Terimakasih

    Terima Kasih
    Agustinus W Triwibowo (b3j0)

    • beat saya juga dret dret setelah ganti per cvt… apa kepastian yang terjadi

    • Wah ane juga pake spacy fi..
      pas beli enak abis..
      kaya naik pesawat..
      getaran juga g ada
      tp pas servis ke dua malah banyak getaran
      knp yaa..
      biasanya getaranya pas 0-20km
      pas lagi angkat beban..
      tp sebelumnya g ada tuh..

  9. Gak semua spacy pgm-fi itu seperti kasus itu..beberapa pgm-fi tmn2 SPACIOUS yang sering ikut kopdar rutin SPACIOUS,dan saya mencobanya dr 8 unit hanya 1 unit yg mengalami hal seperti itu,namun setelah ganti oli mesin dan garda (selain bawaan honda “ahm”) sudah normal lagi..penggantian part2 cvt (seperti penggunaan pny kymco) sy rasa blm tentu pasti..krna honda dan kymco blm tentu memiliki spek yang sama,alhasil malah merugikan konsumen dengan hangusnya garansi honda..klo g prcya silahkan ke kopdar SPACIOUS

    • berarti 12 persen spacy bermasalah ya……… welehweleh, itu salah produksi namanya, layak ditarik itu produk.

  10. Picture diatas adalah usaha penggantian dan aplikasi elemen2 di cvt dengan menggunakan part2 vario gen1..pict di atas adalah usaha yg di lakukan oleh salah satu rekan di spacious id.roy101 (jaksel) dan di implementasikan oleh rekan kami di spacious juga id.boe_kaskus (tangerang) klo menurut ane sih,berdasar share tmn2 di kopdaran..untuk hal tersebut bisa lgsg di klaim ke ahass,biar tidak mengganggu garansi dan tidak lost claim..dan dgn bersabar,istilahnya “lama2 juga hilang dredet2nya”

  11. spacy nya masih getar ga bro??
    vartech ane jg ngalamin hal yg sama
    kalo udh ada solusi tolong kabari ya :)

  12. bro gimana kabarnya masalah motornya? motor spacy f1 th 2011 sy juga begitu…blm komplen lagi sih, soalnya kemaren baru beres komplen masalah bunyi klotok-klotok pada cvt.

    • Belum ada kabar nih bro, motor masih dibawa pihak AHM untuk dianalisa lagi. Motor dianalisa di 1800km. Saran ane, apapun komplain dankeluahan, apalagi motor masih baru bisa langsung dilaporkan ke Honda customer care untuk segera ditindaklanjuti. Memang ada beberapa pemakai yang mengalami hal yang sama, mengatakan itu akan hilang diatas 4000km, hal itu diutarakan bro ariefherlambang seorang rekan di forum spacy kaskus (SPACIOUS).

      • dari forum salah satu forum vario juga ada yang pernah bilang getaran hilang setelah sampai km 5000an.
        hari sabtu tgl 26/5/12 sy mau mencoba bw ke ahass dewi sartika juga, siapa tau ada penyelesaian karena menurut saya kl menunggu sampain 5000km itu terlalu lama

  13. Mas Bejo,,Saya hari jumat tanggal 18 Mei juga complain hal yang sama di JHC Dewi Sartika, tetapi mereka hanya bersihin CVT nya aja dan ternyata memang masih getar,,,saya sebenarnya ga puas karena masih penasaran banget kenapa spacy saya bisa getar gitu dan mungkin karena AHASS JHC udah nyerah terakhir mereka bilang gini ” Semua Motor Matic kaya gitu mas “,,,Tapi kenapa bagian claim nya ga bilang yah kalo motor nya si mas bejo udah pernah complain kesitu juga dengan masalah yang sama???huhhhh,,,Rencana saya hari sabtu 26 Mei mau kesana lagi mau tanya hal yang sama berdasarkan informasi mas bejo diatas,,Kalo yang lain pada mau kesana,,kita bareng2 aja hari sabtu ke JHC.

    • Sebetulnya laporan tentang getar2 diatas speed 40 itu ada bro, dan kebanyakan jawaban mekanik sama yaitu “Semua Motor Matic kaya gitu mas” nah dari sebagian temen-temen di forum kaskus ada yang menyatakan berkurang di atas km 4000, karena punya ane belum sebegitu jauhnya jadi sementara ini komplain aja dulu. Karena ternyata memang tidak semua mengalami hal yang sama, disitu anehnya. untuk saluran komplain bisa juga ke link http://www.astra-honda.com/index.php/contactus utarakan saja bro keluhannya, baik motor baru atau lama boleh.

      • Apakah sudah ada perkembangan berita dari AHM mas ?
        Sabtu kemaren saya bawa ke ahass harapan indah untuk di cek tp ditolak karena untuk claim hanya boleh hari senin-jumat.
        Mohon infonya .
        Tq

      • Hi mas bejo,aku jug a mengalami hal yg sama, aku komplain keahass mekanik jg komentarnya begitu,mungkin sepertinya msalah terdapat Dialur kembang bannya,aku baru mau coba,nanti aku kabarin kalo berhasil,ty

  14. kasih masukan dong bro…saya rencananya mau beli motor matic spacy akhir bulan mei ini, apakah rencananya saya harus saya lanjutkan atau ganti rencana ya?karena setelah baca di atas kok banyak keluhan ya….thx sebelumnya.

    • Kalo menurut ane bro, kalo ketika milih motornya, kalo bisa test drive aja bro dari motor-motor yang ada di dealer, karena menurut info dari forum di kaskus tidak semua mengalami getar-getar di atas speed 40 ini. Terus motor Honda SPACY ini agak rendah jarak ke tanah dari pada Honda Beat jadi jika menerjang polisi tidur harus pelan-pelan kalo tidak, gasruk bagian bawahnya. Karena sudah mennggunakan sistem pengkabutan Injeksi jadinya lebih irit dibanding karbu.

      • tp spacy saya gak pala gasruk kali kalau kena polisi tdr
        kalo bonceng 3 bru gasruk jika kena polisi tdr

  15. SAMA PERSIS DENGAN SAYA GAN!
    Vario 125 CBS saya juga ada getaran gret gret gret di kecepetan antara 30-40 km/h,,,
    semacam belt kendor gitu kan?
    gejala ini udah ada sejak motor masih baru gressss!

    Saya baca2 di kaskus pemilik matik honda juga banyak yang mengalami hal ini tak pandang jenis matiknya,,

    Dari semua itu ada yang udah ganti belt,variator, rollerr dll tapi akhirnya bener-bener sembuh setelah ganti per CVT! disinyalir kualitas per CVT yang dipasang dari pabrik jelek.

    saya rencan juga mau langsung klaim buat ganti per CVT waktu KPB 1 nanti,,

    semoga membantu,,

    • Wah makasih bro infonya
      nanti pas ke ahass coba saya konsultasi ke mekaniknya, siapa tau bisa diganti per cvt nya.
      Btw kalo diganti dgn part ahm berarti sama aja dengan yang bawaan dari pabrik dong?

    • temen ane 3 minggu lalu juga beli vario 125 non CBS, kasusnya hampir sama, setelah komplain diganti 1 blok cvtnya….lumayan sudah berkurang, walau msh ada dikit.
      ane tadinya mo bli spacy atau vario 125 pgm-fi tp melihat banyaknya kasus spt ini…..kayanya mo pilih mio j aja atau soul gt dech…… ! so far blm ada keluhan soal mio j ini……

    • kalo punya saya Vario 125 di kecepatan antara 0 km – 5 km CVTnya terasa goyang, kalo jalanan macet ga enak dan rasanya gak aman banget, motor seperti didorong-dorong dari belakang dan getarannya terasa sekali dan di casing CVT ada bunyi gerg..greg.. + suara ngorok sama seperti keluhan teman – teman lain, masalah terasa pada km 300 setelah pemakaian, padahal waktu motor baru dikirim suaranya halus bangetttt berarti langsung bawa ke ahass aja ya?? mohon pencerahannya

  16. GETARAN SPACY SEMAKIN HALUS:
    Setelah hampir 1 minggu dibawa pabrik AHM, Plant 3 Cikarang. Motor SPACY PGM FI saya yang sebelumnya bergetar diatas speed 40, menjadi halus saat ini. Bisa saya bilang sudah OK, walau tidak hilang 100% halus, namun getaran yang sebelumnya masih terasa, sudah hampir tidak terasa dan lebih kurang kira-kira tersisa 1%, jadi usaha yang dilakukan AHM terhadap motor saya, patut diapresiasi.

    Kemarin tgl Kamis, 24 Mei 2012 saya ditelepon oleh Ibu Hanifa dari CR (Customer Relation) JHC Dewi Sartika jakarta. Beliau menginformasikan bahwa motor saya sudah selesai diperbaiki dan siap diambil di AHASS Dewi Sartika. Keesokan harinya Jumat, 25 Mei 2012 saya mengambil motor saya dan sekalian menyerahkan motor pengganti, pinjaman dari AHM. Setelah saya kendarai dengan speed diatas 40, getaran yang sebelumnya ada sudah hampir tidak terasa, walau jika kita fokus agak lama memang getaran itu masih terasa namun sudah jauh berkurang, sangat halus tingga 1 % kira-kira. Penjelasan tentang sparepart apa saja yang diganti, Ibu Hanifa dan mekanik yang ada ternyata tidak dikonfirmasi oleh pihak pabrik AHM. Jadi mereka tidak bisa menjelaskan kesaya waktu itu.

    Nah!!, Senin 28 Mei, saya ditelepon oleh Pak Ferryanto (Honda Customer Care Center) dan menanyakan kembali tentang motor saya ini. Dikesempatan ini saya langsung tanya bagian spare part apa saja yang diganti sehingga kondisinya menjadi halus jauh dari sebelumnya.

    Menurut Pak Ferry, bahwa part yang diganti adalah: roller 6 buah dan juga pulley belakangnya. Sebetulnya Pulinya masih bagus, tp tetap mereka ganti untuk lebih pasti akan hasilnya. Kemudian setting-setting lagi dibagian yang terkait di CVT itu. Hanya itu saya Bro.

    Melihat dari bro-bro lain di forum Kaskus dan info dari rekan-rekan lain, ternyata penggantian part berbeda-beda. Ada yang rumah kopling diganti baru dan d bongkar pulley belakangnya (bilangnya disetel) pasang lagi dan beres. Dari penjelasan ini, sepertinya memang perlunya analisa dulu dari mekanik. Jadi penggantian spare partnya bisa jadi tidak sama. Oleh karena itu saya sarankan jangan sungkan-sungkan untuk melaporkan apapun kondisinya ke custumer care HONDA ke http://www.astra-honda.com/index.php/contactus, atau call ke 500-989 atau ke 0811-9-500-989. Saya pernah tanya ke Ibu Hanifa, customer care di JHC, “sampai kapan pihak honda akan terus melakukan perbaikan/menanggapi dari keluhan akan kerusakan motor kita?” lalu ibu Hanifa menjawab “sampai saya tidak ada keluhan lagi” artinya dimasa garansi motor, selama ada keluhan akan terus ditanggapi bro. Demikian dari ane bro.

    Terimakasih
    Agustinus W Triwibowo (b3J0)

    • saya udah ganti 1 set puli depan tapi masalah masih…. apa saya ganti puli belakang sekalian mas bro…. puyeng…..

      • Coba ganti ban luarnya deh,walau aku gak terlalu yakin,tapi patut dicoba,aku jug pakai spicy baru 2 minggu,masalah jg begini,aku baca Dari coment teman2 diatas,dikm4000-5000 hilang,mungkn pengaruh alur ban luar

  17. Mas … Saya juga pakai spacy pgm fi… Saya tes jalan dengan cara kec 40km/h lalu lepas gas.. Terdengar bunyi gret gret gret dari depan.. Apa ada yg pernah mengalami hal sperti in?

  18. Punya saya juga getar dan berhasil menghilangkan dengan bongkar sendiri. Penyebabnya adalah pergeseran puley depan tdk mulus, cara mengatasinya : Buka puley CVT depan bersihkan roller dgn isopropil alkohol + rumah cvt + as puley. Setelah bersih semprot bagian dalam cvt (rumah roller) dgn cairan dry moly atau dry PTFE, semprot juga bagian dalam (yg bersentuhan dgn as puley) bagian yg bersinggungan dengan belt jangan sampai kena semprot(hrs ditutup koran seperti tukang cat mobil gitu). Selamat mencoba

  19. bro semua…..setelah baca rubrik ini saya terus terang agak khawatir juga awalnya jgn2 spacy saya jg getar….. kebetulan saya baru beli spacy pgm fi baru seminggu di rumah tp sdh saya pakai wara wiri saat ini sdh menyentuh 125km dan saya test kebut hingga 60km/jam…..setelah saya test dengan kecepatan bervariasi saya tidak menemukan getaran apapun di honda spacy saya….artinya tdk semua spacy mengalami hal tersebut diatas, tp apapun keluhan ini wajib pihak Honda untuk menyelesaikannya hingga tuntas dan memeperketat lagi QC -nya, dan saya pribadi ikut prihatin bagi kawan2 yg mengalami hal ini semoga cepat terselesaikan masalahnya…..saya apresiasi sekali tulisan pengalaman mas bejo krna dapat memberikan informasi yg sangat berguna sekali….terutama saya sendiri jadi bisa minimal mengetahui apakah spacy saya normal atau tidak…..tks

  20. wah spacy karbu saya juga gt…waktu saya komplain ke ahass…masalah terletak pada cdi…trus saya pindah ahass…lalu yang di cek vacum carbu ….bingung saya…

  21. motor saya juga bergetar gan, neh deret deretx g hilang2…sepertix semua spacy pgm fi seperti itu…

  22. ente coba pake oli mesin merek motul h-tech 100 yg full sintetis…dijamin ga getar

  23. jadi mikir nih rencananya mau pakai,masih pltak dak ya kayak generasi metik duluan,honda ayo koreksi tuh

  24. motor ane juga begini nih, 40-60 dredredred bkin jd gk nyaman aj bawa.a, apalagi kalo gas manteng di 50km, udah deh, pengen teriak bawaannya, ane dah ikutin sarannya gan , ane telp ke honda care lalu diarahkan ke dewi sartika,tp disana hanya di servis biasa, lalu keluhan ane ditangkis doang, ampe dibilang itu emg seperti itu, kan gk mungkin perusahaan besar kayak honda ngeluarin motor dengan kelebihan dred dred dred gt, akhirnya ane kesel claim ane cm bgitu doang, jujur nyesel beli, klo ini kredit pasti bakal kgk ge bayar cicilannya, nah ini gw beli cash,,, solusi yng pernah kejadian seperti ini dan dred drednya ilang, apa itu yang rusak, pengen ane bawea ke bengkel biasa aj, klo gk bisa , gw jual aj dah mtor, gw make yamaha aj dah,,,,,,, hub klo ada info agan2 yang ganteng ke 089636085005

  25. ganti bearing pada as roda, pasti sembuh tuh gret gret pada beat

  26. Sy pengguna baru Spacy, sebelumnya make Skywave 125. Motor Spacy nya turun tgl 20 kemaren, warna putih, langsung datang sy geber dengan tarikan mulus dan tidak di sentak.

    Sy coba test jalan pelan, sekitar 20-40km, tetap stabil dan tidak getar (km msih 400an sekarang), test jalan cepat juga nyaman, mentok di 90 an karena masih ngeri… msh baru… dan tidak getar juga.

    Masalah getar itu malah sy ngalamin waktu masih make skywave, sama teknisinya di kasih gemuk khusus di area cvt nya jadinya lumayan halus tapi lama kelamaan kembali juga getar sampe akhirnya sy biarin aja.

    Overal Spacy ini tarikan halus, mulus, spontan dan ringan. Plus tidak berisik dan lari nya stabil, tidak bergetar dan tangan tidak keram jadinya. Pdahal bodi nya bahenol ya….

  27. saya pengguna spacy PGM FI,,motor spcy saya itu juga bunyi gret gret di CVTnya,makin di gas ehh pd kec 40km aja udah ngos ngosan alias angguk angguk,,kemudian saya bawa ke AHASS padang (MENARA AGUNG) katanya busi nya yang bermasalah,tapi setelah busi diganti spacy itu tetap angguk angguk kalo udah lebih 50 km,,padahal itu motor baru 1 bulan pake,,.kemudian setelah ditanyakan lagi dan diservis kata mekanik tggu aja setelah servis kedua atau 2000 km..kalo manggut manggut gini nunggu sampe 2000 mending minta ganti baru aja deeeh daripada pusing,,kerjaan kita kan ngga ngurus motor aja,kalo keluar produk periksa teliti dong,,saya merasa dirugikan!!!

    • Bro anes, apakah masalah di spacy ny udh hilang? Klo belom coba minta di reset sistem PGMFI ny di hayati. Dulu ambo iyo lo. Kasus ny lg ngawal rombongan keliling sumbar. Alhasil, cuma kuat lari 40km/jm. Setelah di reset sisteM PGMFI ny jadi ngacir. Sampe skrng gk ada masalah di busi.

  28. Sy sudah punya mio j, tdk ada problem gret-gret atau apalah. BBM 50 km per liter. Sebetulnya sy mau ambil spacy PGM FI awal bulan ini, tapi batal ajalah. Mungkin sy ambil Mio Soul GT.

    Tahun 2006 sy punya kenangan pahit soal Supra Fit, ada suara sangat keras dari gigi2 di blok mesin terutama kalau digas. AHASS MPM Motor Sukun-Malang berjanji mengganti total, tapi harus nunggu spare part 3-4 bulan. Sy tidak sabar kalau harus nunggu selama itu dan bagi sy tetap produk cacat walau nantinya sudah diganti. Akhirnya motor sy kembalikan ke Adira karena beli kredit, tapi nama sy jadi diblacklist oleh Adira sampai sekarang. Ini kerugian yg sy alami selain rugi uang yg sudah terlanjur masuk ke Adira. Bayangkan dari semua supra fit yg beredar di Malang waktu itu, cuma Supra Fit saya yg trouble seperti itu. Makanya kali ini ketika sy mau ambil honda lagi, sy ngecek dulu ke forum pemakai honda khususnya spacy. Khawatir kena apes lagi.

    Catatan : Sy bukan orangnya Yamaha. Tapi ini murni curhat sy sebagai pemakai sepeda motor di Indonesia. Sy dulu pernah pakai Honda Super Cub th 1982 dan Honda Prima th 1991, semuanya dari baru dan semuanya memuaskan. Kalau pihak Honda mau ngecek keterangan sy ini, silakan dicek ke MPM Motor Sukun Malang. Apalagi sy lihat petugas spare part nya masih yg dulu dan ada mekanik lama yg masih bertahan di situ.

    Semoga Honda di masa mendatang lebih hati2 sebelum melepas produknya. Karena sebetulnya sy sudah rindu pakai Honda lagi.
    Untuk sementara ini sy ambil produk Yamaha dulu aja.

    Terima kasih untuk teman-teman yg sudah memberikan masukan lewat blog ini.

    • motor produk sekarang mengejar kuantitas.(produk AHM)
      motor di bawah tahun 95 mesin nya kuat dan bagus(prduk HONDA MOTOR)istilahnya kualitas nomor 1.nah sekarang ganti AHM produknya aja banyak…kualitasnya??????????

  29. spacy,pertamax ganti premium gimana?

  30. Sy pemakai spacy PGMFI 2012, sampe hr ini sy merasakan cukup nyaman naek ni mtr. Sy mo cb share dikit ama temen2 skalian (info ini sy dpt dr bengkel AHASS fatmawati ketika km 500 awal sevice) ::
    1 Khusus PGMFI diwajibkan pake pertamax (jgn dioplos)
    2. Upayakan bensin di indikator tdk kurang dr seperempat tangki
    3. Ganti oli mesin berkala setiap 2000km & oli gear setiap 8000km
    4. Kalo lain-lain sih tinggal ikut buku manual aja

    Sampe saat ini sih point diatas saya terapin semua kecuali oli gear blm (baru 68xxkm sih), sy ngerasain ni spacy stabil, kenceng & irit……

    Mungkin ada saran sy (ni testemoni pribadi loh) coba ban standar pake ban tubelles dpn 90/80 blkg 100/80 & coba ganti stabilizer stang pake produk aftermarket yang lebih baik.
    Satu lg yg ga pernah sy lakukan (sy seneng bgt cuci mtr/ steam) cuman bagasi mtr ga pernah sy buka pas lg nyuci/disemprot kecuali stlh proses pengeringan br bagasi dibuka untuk dilap aja..keliatannya sepele ya………tapi penting lo bwt mesin injection qt.

    Ini sekedar share pengalaman sy semoga bermanfaat….salam

  31. ane udah lama gan pake motor matic, tapi masalah getar itu biasa pada matic antara 110-125 cc..
    maka dari itu coba agan2 cek apakah sudah rutin service-nya..
    alternatif lain yang pengen bebas dari rasa getar baik besar maupun kecil getaran itu dari honda spacy, bisa pindah ke motor bebek atau batangan (motor LAKI) yang memiliki cc 150 atau diatasnya,,saya jamin 100% getaran hilang..SPEED bertambah dan komen2 diatas pun dapat berkurang, hehehe..
    sekian tips dari saya..terimakasih..
    ..hidup spacy..

    • setuju gan

      Ane make udah 2000km, service pertama ane pass, baru yg kedua ane ke AHASS.
      Tadi pagi dites lagi tarik top speed cuma dapat 98-100 km/jam dan jalan 10-40 km/jam tidak ada getar…

      Ane cuma pertamax dan oli Shell Advance aja…

      Mungkinkah tiap2 motor beda biarpun 1 pabrikan ???

      • spacy pgm fi ku dah 4000 km, g da masalah, cuma ya itu, aq kebagian pelek bintang yg penyok dkit, g ngaruh wkt jln, tp terliat meliuk dikit klo diliat dr samping, bhs jawanya mlentung, 5 cm, tdk oleng tp mlentung

      • Setau ane itu bisa diclaim khan?

  32. knp mtr matic injeksi sering mati dijalan

  33. spacy pgmfi ane kenapa sering mati ya kalo dijalan, padahal kalo lg dipanasin jarang mati2, mohon pencerahannya gan, kalo lg kenceng trus rem mati tiba2 mesinnya, makasih…

    • cek injeksinya gan,, mobil ane dulu sempet kaya gitu juga (ga ngelangsam), cukup service injectornya (semprot cleaner) biasanya lgsg lancar lagi,, cek juga sensor-sensornya

    • minta bersihin injeksinya. paling tuh nosel kotor

  34. spacy pgm fi punya saya jga gitu get er2 tapi setelah pakai oli gardan merk castrol jdi berkurang msh kurang puas lalu sy klaim ke ahs sekarang sdh ga ada geter2 jadi halus banget kata mekaniknya cuma seting part bagian cvtnya ga ada part yg diganti baru

  35. waduh gimana nihh yaa padahal saya mau beli spacy pgm fi tapi kok bayak masalah masalah jadi beli ngak nya jadi takut ni ane

  36. Coba ganti Kopling sentrifugalnya bro… saya juga sudah buat artikelnya..

    http://alfido.wordpress.com/2012/09/26/hmm-parah-ternyata-ahm-bisa-salah-pasang-part-juga/

  37. [...] sekali artikel yang dibuat oleh mas Rio Winto, semoga tidak ada lagi rider spacy yang bermasalah dengan tunggangan kesayangannya.. Di artikel [...]

  38. Pengalaman aq juga gtu bro, aq ambil beat Fi iseng2 krn motor baru aq isi ban pake Nitrogen nah pas itu mas yang isi nitrogen bilang ke aq ini kayaknya roda belakang agak goyang mas( goyang ke kiri dan kekanan), aq fikir kan klu matic emang goyang ya kali aja mas tadi bener aq bawa unit ke bengkel biasa untuk diagnosa aja ternyata bener emang ini goyang kata bengkel tadi krn masih baru bro aq bawa lagi ke ahas, sesampai di ahas di tangani oleh mekanik gak sampai 5 mnit tehnisi bilang ini emang dari pabrik mas dan kebetulan aq diajak unt masuk ke gudang penyimpanan di persilahkan unt cek unit yg lain yg setipe dg mtor aq dari sekian yang aq cek ternyata beda-beda bro kebanyakan gak ada speling ada satu unit yang emang lebih gede spelingnya dari motor aq bro, tehnisi bicara sana-sini aq iya2 aja. yang ada dalam fikiran aku saat itu masak sih nggak ada standard produksi yg tetap sehingga antara motor satu dg yang lainnya berbeda-beda ada yang goyang ada yang nggak.
    Krn saat itu aq komplinnya lewat email, email aq dibalas dan ada dri fihak honda yg tlf ke aq unt bisa membawa unit aq ke ahas lagi, karena aq malu hati dengan peristiwa dengan ahas sebelumnya aq minta untuk di tangani di ahas yg lain, dengan alamat dan mekanik yang lain di cek mtor aq bro dengan jawaban yg sama seperti ahas yang pertama aq datangi juga aq diantar oleh mekanik tadi unt ditunjukin unit lain yg sedang di pajang aq cek lagi hasilnya sama ada yang speling dan ada yg gak, pada saat itu ada orang honda juga yang menggunakan batik tiba2 nyeletuk tanpa tau arah permasalahan dia bilang “mas klu metic ada speling depan belakan itu biasa tapi klu ke kiri dan kekanan itu baru masalah” naahh terjawab juga pusingku, aq bicara dalam hati punya aq yang kekiri dan kanan pak klu kedepan kebelakang ngapain aq kesini.
    kesimpulan aq respek honda terhadap konsumen dah baik tapi penanganan yang aq rasa kurang, pada prinsipnya orang menjatuhkan pilihan ke suatu barang berarti percaya ke produk tersebut mohon ini dijadikan prinsip bagi honda agar kedepan tidak banyak mendapat komplin dari konsumen. aq salut dengan yg dilakukan honda mobil karena ada kesalahan di bagian tombol jendela saja sampai menarik produksinya itu contoh baik.

  39. Gimana Ini HONDA kok ngk menjaga kualitasnya… Spacy saya juga bunyi grek grek… malah sampai KM 4000 masih gitu… AHASS ngk bisa ngatasi… merk HONDA ngk jaminan sekarang… payah…

  40. saya pengguna spacy fi pmbelian desember 2012. awal mtor ini dtng saya pakai msh halus2 sj, tp ktika sdh km 35-40 itu mtor ky bunyi gret grett grett, saya coba ngebut mtor sprrti ky berat tarikannya. saya bete beli motor honda spacy ko jd ky gni, tau gni mnding beli yamaha deh or szuki, kcewa sm kualitasnya. gw tnya k ahasd ngoomongnya #biasa mas mtor baru mmg cvt nya lg pnyesuian# saya bantah apanya yg pmyesuain ini mtor bunyi dretttt dretttt terus

  41. ya sama…. tapi saya tinggal di kota kecil di Ciamis, kemana saya harus konsultasi? apa mungkin ditaggapi ama honda?? ya udah nikmati ajalah gret gret gret gret ala honda :P

  42. sharng aja. aku pakai spacey Fi.dah 11 bulan, km 6180. semua oke. penyakit cuma 1. suka mati kalo lagi jalan. solusinya minta bersihin injeksinya. ( noselnya kotor ).
    Yang aneh. aku juga pakai Supra X 125 PGM Fi. nah yang ini Kalo di Gas Bergetarrrrrrrr….padahal itu dari baru ( km 430 ). apa Mounting Mesinnya kendor atau Crankshaft nya oblag.

    • Saya beli Vartech 125CBS, Januari 2013, bila lari di km 40 an terasa ada getar/bunyi dret-dret yg tidak kontinue, terasa di handle, jok dan juga kaki. Sdh complain dua kali ke Dunia Motor Keb.Lama, dan sdh dicek dan dibersihin CVTnya. Hasilnya sampai sekarang sdh km 300 an masih tetap terasa getar dret-dret. Ternyata banyak teman-teman yang juga mengalami hal yang sama dan belum ketemu solusinya. Oleh bengkel dianggap hal yang biasa terjadi pada motor matic. Bagaimana pihak AHM menanggapi permasalah ini? Sudah banyak keluhan dilontarkan oleh pemakai setia Honda, tapi AHM seolah tidak mendegarnya.

      • Sampai hari ini masalah dret-dret masih belum hilang dan belum ada solusinya, semakin menjengkelkan ati.

  43. ane juga salah satu penunggang spacy..untuk mesin sampai saat ini masih oke laaahhh, tapi ane ada keluhan kenapa honda spacy standar2nya gampang meleyot ama kalo ada tanggul dikit aja pasti mentok. cara ngatasi masalah itu semuA gimana gan…??

  44. mungkin engine mountingnya bro kurang kencang…karena perakitan engine ke frame mengandalkan alat impack driver…

  45. bro2 skalian aku jg kena mslh yg sm pada BEAT beli bln februari’13. terasa getar dret dret di 40-50kpj. sdh komplain di honda jakarta (pusat), dan besoknya di telp honda surabaya. srh ke bengkel ahass setempat. Berhubung hr sdh sore, bsok pagi mau tk bw ke Ahass.
    “SEMOGA DITEMUKAN SOLUSI YG MEMUASKAN”. bkn hanya jawaban2 yg tdk ada solusinya…..
    Tunggu besok ya kabarnya…

    • bro dah smbuh blum mtor beatnya, punyaku jga gitu, jawaban ahas kurang greget ni, mohon infonya bro say_iphul@yahoo,com fb saya

  46. klo pngalaman sy di spacy setelah 1 x servis baru trasa dreeet dreeeet tp kecil itu itu trasa mang 40 km ke atas itupun klo gas nya pas stabil jlnan lurus panjang tp setelah roller sy bersihkan ga trasa lg dan tarikan maknyus lg,analisa saya krn roller kotor aja tp jgn salah spacy roller’y pling cepet kotor karena g pake filter dan tempatnya di sebelah step jd lngsung nangkap debu ..( klo servis gratis cuma di buka cvtnya lalu d sempret debunya dah filter udaranya aja yg d bersihkan roller g d bersihin)

  47. ane juga ngalaminya Bro… tuh foto ane dari kaskus di pake di atas ane roy101 kalo di kaskus.. ternyata menjalar kemana mana , vario 125 , beat FI… berat2….

    salam bro…

  48. sampai tahun 2013 ttp seperti ini gan!! saya beli HONDA spacy FI awal november 2013 dan diantar kerumah,, pada saat itu juga da getaran dret dret dret yg sangat tidak nyaman di speedometer 40-60km/j, saya komlain ke ahas katanya ditunggu j nti ilang sendiri,, sampai sekarang km dah 3500 masih belum hilang?? honda gmn?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: